Benih ini didistribusikan kepada delapan kelompok tani dari Kecamatan Kayu Aro, Kayu Aro Barat, dan Gunung Tujuh.
Jambi (ANTARA) - Badan Standardisasi Instrumen Pertanian (BSIP) Provinsi Jambi mendistribusikan benih kentang varietas Granola yang memiliki sertifikat G2 sebanyak 9,05 ton kepada petani di Kabupaten Kerinci.

Kepala BSIP Jambi Salwati, di Jambi, Sabtu, mengatakan benih tersebut didistribusikan ke petani berdasarkan hasil penetapan calon petani dan calon lokasi dari Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura Kabupaten Kerinci.

"Benih ini didistribusikan kepada delapan kelompok tani dari Kecamatan Kayu Aro, Kayu Aro Barat, dan Gunung Tujuh," katanya.

Ia menjelaskan salah satu unsur penunjang keberhasilan usaha produksi kentang adalah penggunaan benih bermutu dan bersertifikat. Benih merupakan salah satu instrumen pertanian penting yang harus terstandar (SNI 01-700-2004 untuk benih kentang G2). Pemanfaatan benih bersertifikat diharapkan dapat menghasilkan produk pertanian yang berkualitas dan berdaya saing.

Selanjutnya, BSIP Jambi hadir menjawab tantangan yang dihadapi petani kentang di Kerinci melalui kegiatan pembenihan kentang varietas Granola GO.

Benih GO yang ditanam pada Desember 2022 di lahan petani penangkar seluas satu hektare di Desa Tangkil, Kecamatan Gunung Tujuh berhasil berproduksi sebanyak 15 ton benih.

Dari total produksi tersebut, sebanyak 9,05 ton benih kentang Granola ​bersertifikat G2. Kemudian 9,05 ton benih diserahkan kepada kelompok tani.

Salwati menyampaikan agar benih tersebut dapat ditanam dengan baik dan diperbanyak ke generasi berikutnya yaitu Label Biru BR G3.

Selanjutnya, kerja sama dan sinergi produksi benih kentang akan diupayakan dengan petani penangkar pada masa yang akan datang.

Salah satu petani penerima benih kentang G2, Hermawis mengungkapkan kegembiraannya mendapatkan benih kentang Granola G2 ini dan berupaya memproduksi benih G3 untuk musim tanam berikutnya. Saat ini petani penangkar baru mulai bermunculan dan geliat pembenihan kentang sudah semakin baik.

Ia berharap, ke depannya dukungan dan pendampingan dari BSIP Jambi untuk program-program selanjutnya terus diberikan kepada petani kentang di Kerinci.
Baca juga: Tingkatkan pendapatan, petani tanam kentang
Baca juga: UMM kembangkan bibit kentang varietas unggul


Pewarta: Tuyani
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023