Palembang (ANTARA) - Sebanyak 924 siswa madrasah bersaing di ajang Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Provinsi Sumatra Selatan (Sumsel) tahun 2003 pada 5-6 Agustus 2023.

“Mereka adalah siswa terbaik per bidang studi yang telah lolos pada KSM tingkat kabupaten/kota se-Sumsel yang telah digelar beberapa waktu lalu,” kata Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Sumsel Win Hartan di Palembang, Sabtu.

Pada tahun ini, kata dia, KSM tingkat Provinsi Sumatera Selatan dilaksanakan di beberapa titik lokasi di antaranya MAN 3 Palembang, MTsN 2 Palembang, MTsN 1 Empat Lawang, MTs YPII Talang Ubi Kabupaten PALI, MAN 1 OKU Timur, dan Hotel Smart yang berada di Kota Lubuklinggau.

Baca juga: Kemenag laksanakan simulasi KSM 2023 untuk madrasah se-Kota Solok

Ia menjelaskan kegiatan KSM itu digelar dengan tujuan mengembangkan dan penguatan ilmu pengetahuan dan teknologi, peningkatan mutu serta daya saing siswa madrasah dalam bidang sains.

"KSM ini memberikan kesempatan siswa madrasah tetap melakukan kegiatan belajar, berkompetisi, dan berprestasi," katanya.

Baca juga: 29.327 siswa ikuti seleksi nasional peserta didik baru madrasah

Sementara itu, Kepala Kanwil Kementerian Agama Syafitri Irwan mengatakan pada tahapan ini dimaksudkan untuk menjaring siswa terbaik per bidang studi KSM, yang kemudian mereka akan mendapatkan tiket menuju KSM tingkat nasional yang akan diselenggarakan pada tanggal 3-7 September 2023 di Kendari, Sulawesi Tenggara.

"Nantinya para pemenang KSM tingkat provinsi ini akan kita tingkatkan kompetensinya sebelum berlaga di tingkat nasional," katanya.

Syafitri menyatakan bangga terhadap prestasi siswa madrasah saat ini, karena madrasah telah menjadi pilihan favorit bagi masyarakat.

Baca juga: Sekitar 7.0000 santri Diniyah ikuti "Imtihan Wathani"

"Hal itu terlihat dari minat masyarakat yang berlomba bersaing untuk masuk madrasah. Sebagai contoh, ketika masa pendaftaran peserta didik baru (PPDB) yang membludak di madrasah," katanya.

Pewarta: Ahmad Rafli Baiduri
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2023