Inilah yang coba kami tangkap, dengan banyak menggelar ajang sport tourism tahun ini untuk menarik wisatawan hadir ke Banyuwangi
Banyuwangi (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, konsisten menggelar agenda sport tourism sebagai upaya menarik wisatawan datang ke kabupaten ujung timur Pulau Jawa itu.

Salah satunya malam ini digelar olahraga wisata "Banyuwangi Night Run 2023" yang diikuti ratusan pelari dari berbagai daerah di Indonesia. Peserta menyusuri keindahan malam Kota Banyuwangi dengan rute sejauh 10 kilometer.

"Inilah yang coba kami tangkap, dengan banyak menggelar ajang sport tourism tahun ini untuk menarik wisatawan hadir ke Banyuwangi," ujar Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani di Banyuwangi, Jawa Timur, Sabtu.

Dia menjelaskan bahwa event "Banyuwangi Night Run 2023" ini tidak hanya tentang olah raga melainkan juga berwisata, sehingga bisa menjadi alternatif bagi masyarakat yang ingin berwisata namun tetap sehat dan bugar.

"Konsep sport tourism terus dikembangkan di Banyuwangi. Pasca pandemi COVID-19 masyarakat semakin terbiasa dengan gaya hidup sehat," ujar Ipuk.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi Aziz Hamidi mengatakan ajang lomba lari malam hari ini merupakan kerja sama antara Pemkab Banyuwangi dengan Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Banyuwangi.

Dalam lomba lari sembari berwisata ini, lanjut dia, dibagi dalam dua kategori, yakni kategori night run team (kompetisi) dan Individual fun light night run atau kelompok non-kompetisi.

Untuk kategori kompetisi masing-masing terdiri dari lima pelari campuran, yakni dua wanita dan tiga pria.

"Peserta kompetisi sudah banyak yang melakukan registrasi ulang, dan mereka berasal dari berbagai daerah seperti Yogyakarta, Surabaya, Bali, DKI Jakarta, Nusa Tenggara Barat, Bondowoso, dan Jember," kata Azis.

Para pelari akan diajak melintasi trek city tour keliling menikmati suasana malam di perkotaan Banyuwangi dengan mengambil start dan finis di lokasi yang sama, yakni Pantai Marina Boom.

Pantai Marina Boom merupakan salah satu destinasi instagramable di pusat kota, selain menyuguhkan keindahan alam, destinasi ini juga lekat dengan nuansa heritage.

Pelari juga akan melintasi pusat kuliner seafood di kawasan Kampung Mandar. Melewati rute ini pelari akan disuguhi pemandangan ikonik Pantai Marina Boom, deretan pedagang aneka seafood, dan semilir udara pantai di malam hari.

Pelari juga bakal dihibur dengan berbagai atraksi di sepanjang rute, di antaranya barong, atraksi rebana, hingga live music khas Timur Tengah.

Baca juga: Pemkab Banyuwangi kembangkan wisata olahraga di Gunung Menyan

Baca juga: Banyuwangi dorong tumbuhnya industri fesyen ramah lingkungan

Baca juga: Khofifah: Status baru Ijen Geopark mendongkrak kunjungan wisatawan

Pewarta: Novi Husdinariyanto
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023