Malaga punya sejumlah kelebihan dan Manuel Pellegrini merupakan pelatih hebat. Kami berkonsentrasi penuh dalam pertandingan ini
Malaga (ANTARA News) - Baik Malaga maupun Borussia Dortmund sama-sama berharap melakoni laga terbuka, dan sama-sama pula berharap menangguk kemenangan dengan menumpang lokomotif bertajuk "optimisme".

Pelatih dari kedua tim, Manuel Pellegrini di kubu Malaga dan Juergen Klopp di kubu Dortmund, telah mengundang decak kagum lantaran keduanya punya prestasi mengkilap.

Malaga menjajal Dortmund dalam leg pertama laga perempat-final Liga Champions yang digelar di Stadion La Rosaleda, Malaga, pada Kamis dini hari WIB.

Belum-belum Pellegrini telah menyebut pertandingan melawan Dortmund sebagai  luar biasa dan menghibur, karena kedua tim bertemu di Spanyol dalam sebuah pertandingan yang menjanjikan hiburan kepada penonton.

Pelatih Malaga itu memahami bahwa sebuah asa harus diperjuangkan bukan asal diomong-omongkan terus menerus.

Malaga di bawah arahan Pellegrini tidak kebobolan dalam sembilan dari 12 laga kandang di laga Eropa. Di kandang musim ini, skuad asuhan Pellegrini terbilang oke dengan melibas FC Porto, Zenit St Petersburg, dan AC Milan di fase grup.

Sedangkan, Klopp mengomentari laga melawan Malaga sebagai "kesempatan luar biasa".

Málaga - Manuel Pellegrini

"Tidak ada yang melirik kami di awal musim kompetisi ini, meski para pemain memberi jawaban dengan baik. Kami mampu menyingkirkan Porto dan mampu pula meraih capaian maksimal di grup. Musim ini begitu sarat tantangan."

"Kedua tim mampu tampil dengan penguasaan bola dan bertenaga. Saya tertantang menghadapi Dorrtmund, karena mereka tampil kreatif. Fans bakal menyaksikan pertandingan luar biasa."

"Dortmund punya sejumlah kelebihan, mereka pernah menjadi juara Bundesliga dan punya lima pemain yang memperkuat timnas Jerman. Mereka punya potensi luar biasa, mereka punya gelandang yang sangat kreatif, tetapi saya berpendapat bahwa kekuatan mereka ada di lini depan. Mereka punya kekuatan dalam melakukan serangan.

"Kami akan  berusaha meminimalkan kekuatan mereka dengan gaya permainan yang kami kembangkan nanti."

Di kubu Malaga, Eliseu tidak akan turun dalam laga melawan Dortmund karena ia masih mengalami cedera sendi tulang meski Diego Lugano (masih diistirahatkan), Ignacio dan Duda (keduanya masih menjalani larangan bertanding) akan kembali pada pekan ini.

Dortmund - Jürgen Klopp

"Kami telah menyaksikan dan menganalisis banyak pertandingan Malaga. Mereka tampil benar-benar menawan, dan mereka tampil sebagai tim berpengalaman dengan segudang kemampuan dalam bertahan dan menyerang. Pertandingan bakal terbuka, kami senang berhadapan dengan Malaga."

"Kami telah tampil baik di Liga Champions di musim ini. Kami bertekad menyajikan banyak penampilan baik. Malaga punya sejumlah kelebihan dan Manuel Pellegrini merupakan pelatih hebat. Kami berkonsentrasi penuh dalam pertandingan ini".

"Kami tidak terlalu memikirkan pemain muda, yakni Isco dan Mario Gotze. Isco pemain luar biasa, keduanya pemain yang benar-benar tampil sangat baik."

"Banyak tim telah tersingkir, Malaga dan kami masih bertahan. Saya berpandangan bahwa laga ini akan menjadi salah satu laga terbaik dalam kompetisi ini. Kami ingin mencapai semi-final."

Di kubu Dortmund, Marcel Schmelzer akan mengenakan masker pelindung hidung, Sebastian Kehl kembali merumput sesudah absen dua laga karena mengalami cedera di tulang rusuk dalam laga Bundesliga.

Mats Hummels masih dibekap cedera engkel, sementara Jakub Błaszczykowski masih absen dalam pekan ini karena mengalami cedera otot ketika memperkuat timnas Jerman.

Posisi Reus kemungkinan bakal  diisi pemain belakang asal Brasil berusia 27 tahun, Felipe Santana, yang kontraknya dengan Dortmund akan berakhir 2014.

Dortmund berangkat ke Spanyol dengan dibekali kepercayaan diri setelah memenangi sejumlah laga melawan tim-tim besar. Kemenangan anyar 2-1 atas Stuttgart membuat tim tersebut bertengger di posisi kedua Bundesliga. Dortmund kini  memfokus diri untuk melangkah ke tahap berikutnya, yakni memenangi liga Eropa.

Kemungkinan susunan pemain:
    
Malaga (4-3-2-1)
Caballero (penjaga gawang), Gamez, Demichelis, Weligton, Antunes, Toulalan, Iturra, Joaquin, Baptista, Isco, Saviola
    
Dortmund (4-3-2-1)
Weidenfeller (penjaga gawang), Piszczek, Subotic, Santana, Schmelzer, Gundogan, Bender, Blaszczykowski, Gotze, Reus, Lewandowski
 
Lima laga terakhir:

Málaga

30 Mar 2013  Rayo Vallecano 1 - Málaga 3    LIGA
17 Mar 2013  Málaga 0 - Espanyol 2    LIGA
13 Mar 2013  Málaga 2 - Porto 0    UCL
9 Mar 2013   Valladolid 1 - Málaga 1    LIGA
3 Mar 2013  Málaga 0 - Atlético de Madrid 0    LIGA

Borussia Dortmund

30 Mar 2013  VfB Stuttgart 1 - Borussia Dortmund 2    GER1
16 Mar 2013  Borussia Dortmund 5 - SC Freiburg 1    GER1
9 Mar 2013  FC Schalke 04 2 - Borussia Dortmund 1    GER1
5 Mar 2013  Borussia Dortmund 3 - Shakhtar Donetsk 0    UCL
2 Mar 2013  Borussia Dortmund 3 - Hannover 96 1    GER1
 
Tiga prediksi menurut situs Goal,com

 Málaga 1-2 Borussia Dortmund (20,16 persen)   
 Málaga 2-1 Borussia Dortmund (13,2 persen)   
 Málaga 1-3 Borussia Dortmund (10,24 persen)
 
 

Penerjemah: AA Ariwibowo
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2013