Kemenangan ini untuk bobotoh, sangat bagus. Namun masih ada kelemahan terutama di lini belakang, dan finishing harus dibenahi,"
Bandung (ANTARA News) - Tuan rumah Persib Bandung mengalahkan Barito Putra 3-2 (1-1) pada lanjutan Liga Super Indonesia (LSI) 2013 di Stadion Siliwangi Kota Bandung, Rabu.

Kemenangan Persib dipastikan oleh tandukan bek Abanda Herman menit ke-66 menyongsong umpan sepak pojok Firman Utina. Dua gol Maung Bandung lainnya dipersembahkan oleh Maman Abdurahman menit ke tiga dan striker Sergio van Dijk menit 55.

Sedangkan gol balasan Barito dicetak oleh Dedi Hartono menit ke lima dan Sugeng Wahyudi menit ke 49, Barito sempat menekan saat unggul satu gol pada awal babak kedua, namun tim asuhan pelatih Shalahudin itu gagal mempertahankan kedudukan sehingga harus mengakui keunggulan tuan rumah.

Suasana pertandingan sempat menegangkan bagi tuan rumah saat tertinggal 1-2 dari Barito, namun dengan ketenangan yang luar biasa Sergio membangkitkan mental bertanding rekan-rekannya dengan mencetak gol kedua bagi Maung Bandung.

Gol itu merupakan gol kedelapan bagi van Dijk sekaligus menjadi top skor sementara bagi Persib Bandung. Persib sementara berhasil meninggalkan Barito dengan mengemas 21 angka, sedangkan Barito tertahan di peringkat delapan dengan 18 angka.

Pelatih Persib Jajang Nurjaman menyebutkan kemenangan itu cukup strategis, namun secara umum masih belum maksimal. Persib harus ketinggalan lebih dulu oleh Barito.

"Kemenangan ini untuk bobotoh, sangat bagus. Namun masih ada kelemahan terutama di lini belakang, dan finishing harus dibenahi," kata Jajang.

Menurut Jajang, kondisi lapangan yang becek membuat para pemain harus kerja ekstra dan membuat otot pemain mengalami kelelahan luar biasa.

"Kondisi lapangan becek membuat pemain harus kerja keras dan kelelahan, namun Barito jauh lebih fresh. Itu wajar karena jadwal pertandingan Persib lebih padat," kata Jajang.

Pernaikan Persib sempat tertekan di awal babak kedua. Persib gagal mengulang kick off babak pertama dengan mencetak gol cepat menit kedua lewat Maman.

Awal babak kedua, giliran Persib tercekat oleh gol Barito menit ke-49. Namun suasana berubah setelah Sergio van Dijk mencetak gol penyama kedudukan menit ke-55 sekaligus membangkitkan semangat bertanding.

Jajang merubah strategi timnya dari 4-4-2 menjadi 4-3-3 dengan memasang tiga striker sekaligus pada babak kedua yakni Dzumafo, Dijk dan Kenji Adachihara.

Sementara itu Pelatih Barito Putra, Shalahudin menyatakan timnya sudah bermain maksikam dan bermain lepas meski tidak diperkuat empat pemain intinya.

"Permainan tim lepas dan tanpa beban, namun kami kecolongan pada beberapa momen sehingga gagal mempertahankan kemenangan," kata Shalahudin.

Ia mengakui lini belakangnya tidak memiliki pemain jangkung untuk menghadang bola-bola atas yang dimainkan Persib untuk mensuplai duet striker van Dijk dan Herman Dzumafo.

"Lini belakang kita kesulitan menghadang pemain berpostur lebih jangkung, kondisi ini yang kami hadapi bukan hanya lawan Persib tapi juga pada laga-laga sebelumnya," kata Shalahudin.

Dengan kekalahan itu, kata dia timnya gagal untuk mempertahankan posisi sekaligus menyalip Persib Bandung. Barito selanjutnya akan menghadapi Persita Tangerang pada laga yang akan digelar di Stadion Mashud Wisnusaputra Kuningan.

Susunan pemain Persib: Shahar Ginanjar (kiper), Abanda Herman, Maman Abdurahman, Supardi, Tony Sucipto, Atep, M Ridwan, Hariono, Firman Utina, Sergio van Dijk, Kenji Adachihara.

Barito Putra : Dian Agus Prasetyo (kiper), Supriyadi, Daewon, Guntur Aryadi, Fathurahman, Septariyanto, Amirul Mukminin, Dedy Hartono, Ana Supriatna, Colibaly Djibril, Sugeng Wahyudi. (S033/B015)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013