biasanya rumah sepi sekarang jadi ramai ada pak tentara
Kediri (ANTARA) - Puluhan anggota TNI dari Kodim 0809 Kediri, Jawa Timur, tinggal bersama warga selama menjalankan program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Ke-117 di Lingkungan Lebak Tumpang, Kelurahan Pojok, Kediri.

Komandan Kompi (Danki) Satuan Tugas atau Satgas Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Kodim 0809 Kediri Lettu Inf Wiyoto mengatakan semua anggota yang terlibat dalam program ini menginap di rumah warga dengan tujuan agar lebih dekat dengan mereka.

"Kurang lebih satu bulan anggota satgas menginap di rumah-rumah warga. Semua itu dilakukan guna untuk mendekatkan diri kepada masyarakat, berinteraksi langsung antara TNI dan rakyat dalam satu atap," katanya di Kediri, Minggu.

Ia mengungkapkan, salah satu kegiatan yang dilakukan adalah membantu memasak. Dengan itu, akan terjalin komunikasi lebih intensif dengan warga.

"Kami pendekatan dan komunikasi sosial kepada masyarakat sehingga dapat terwujud kemanunggalan TNI dengan rakyat," ujar dia.

Baca juga: Prajurit Marinir TNI-AL bantu bangun irigasi program TMMD di Sidoarjo
Baca juga: Program TMMD di Lombok Tengah buka 7 ruas jalan baru


Sulimah salah satu warga RT 23 RW 05 yang digunakan sebagai lokasi menginap mengatakan cukup senang dengan kedatangan anggota TNI itu.

Ia merasa suasana rumah yang ditinggali para prajurit menjadi ramai bahkan penuh tawa dan canda tawa. Bahkan, pada pagi dan sore tiba, prajurit Satgas TMMD 117 juga menyempatkan diri membantu memasak di dapur.

"Rasanya senang. Biasanya rumah sepi sekarang jadi ramai ada pak tentara, sampai mau bantu masak dan ternyata mereka bisa memasak," kata Sulimah.

Dirinya justru merasa mereka sudah seperti anggota keluarga, sebab setiap hari bersama dan makan bersama.

"Saya malah senang ada pak tentara di rumah saya. Mereka sopan dan sudah saya anggap seperti keluarga sendiri, seperti anak," kata Sulimah.

TNI kolaborasi dengan Pemkot Kediri dalam program TMMD 2023 di Lingkungan Lebak Tumpang, Kelurahan Pojok, Kota Kediri.

Dalam pelaksanaan program tersebut terdapat beberapa titik yang menjadi target pembangunan fisik, yakni perbaikan Mushalla, pembangunan tandon air, pipanisasi, perbaikan 20 rumah tidak layak huni (RTLH), perbaikan Puskesmas pembantu, hingga pembangunan jalan tembus sepanjang 500 meter dari Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri menuju Desa Mojo, Kabupaten Kediri.

Dalam TMMD ke-117 tahun 2023 tersebut, Kodim 0809 Kediri melibatkan 150 personel TNI dan Polri, serta 175 masyarakat Kelurahan Pojok, Kota Kediri.

Baca juga: Waaspotdirga KSAU apresiasi program TMMD di Kediri
Baca juga: Wabup Temanggung berharap TMMD sisipkan program semangat kebangsaan
Baca juga: TMMD Palangka Raya bangun jembatan 180 meter di daerah pinggiran

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023