"Dari hasil kami melaksanakan peninjauan, Alhamdulillah sudah sesuai dengan perencanaan yang dibuat oleh Kodim 0809/Kediri terkait dengan TMMD ke-117 Tahun 2023,"
Kediri (ANTARA) - Wakil Asisten Potensi Dirgantara Kepala Staf TNI Angkatan Udara (Waaspotdirga KSAU) Marsekal Pertama (Marsma) TNI Agus Priyanto mengapresiasi program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang digelar di Kota Kediri, Jawa Timur.

Marsma TNI Agus Priyanto mengatakan ia sengaja datang meninjau langsung program TMMD di Kediri.

"Dari hasil kami melaksanakan peninjauan, Alhamdulillah sudah sesuai dengan perencanaan yang dibuat oleh Kodim 0809/Kediri terkait dengan TMMD ke-117 Tahun 2023," katanya di Kediri, Jumat.

Menurut dia, hasil yang dilaksanakan dalam program TMMD di Kediri tersebut juga bagus, baik program hingga bangunan.

"Hasilnya lebih dari target yang dilaksanakan. Kualitas dari bangunan bagus dan secara rundown saya tanya langsung masyarakat, mereka sangat senang. Jadi saya ambil kesimpulan bahwa pelaksanaan TMMD 117 di Kodim 0809/Kediri berjalan sangat baik," ujar dia.

Ia pun menambahkan, program tersebut tentunya sinergi dengan pemerintah daerah dan masyarakat. Dari berbagai masukan yang diberikan, dikerjakan dengan harapan bisa membantu masyarakat.

"Tentunya apa yang kami kerjakan ini planningnya dari masyarakat. Kodim 0809/Kediri melakukan survei masukan dari masyarakat dilaporkan ke komando atas. Dengan skala prioritas ada lima sasaran fisik seperti pembangunan jalan, RTLH, musala, puskesmas pembantu dan pembangunan tandon ini," kata dia.

Dirinya pun juga mengapresiasi masyarakat dan seluruh pihak yang terkait ikut terjun langsung membantu program ini sehingga bisa segera selesai.

"Kalau dikerjakan secara reguler pembangunannya bisa sampai enam bulan. Dan karena ini dikerjakan dengan bekerjasama dengan TNI, bisa dikerjakan selama kurang lebih satu bulan. Harapannya dengan pengerjaan TMMD ke-117 ini, bisa membantu dan bermanfaat bagi masyarakat serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat," ujar dia.

Sementara itu, Fatmiati (48), warga Lingkungan Tumpang, Kelurahan Pojok, Kota Kediri mengatakan terbantu dengan program ini.

"Terkait pelaksanaan TMMD ke-117 Kodim 0809/Kediri khususnya pengerjaan tandon air ini, sangat penting, karena selama ini warga mendapatkan air dari sumber tretes dan mengalirnya bergantian. Kalau musim hujan airnya keruh," kata Fatmiati.

Ia juga berharap dengan dibangunnya tandon air ini bisa mendapatkan air bersih secara lancar.

Dalam kunjungan tersebut Marsma TNI Agus Priyanto didampingi Komandan Satuan Tugas (Dansatgas) TMMD ke-117 Tahun 2023 Kodim 0809/Kediri Letkol Inf Aris Setiawan. Rombongan meninjau lokasi TMMD di Kelurahan Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

Rombongan melihat secara langsung program TMMD, dengan sasaran nonfisik yakni sosialisasi kesehatan ibu dan anak serta sasaran fisik yakni pengerasan jalan, renovasi musala, RTLH, puskesmas pembantu dan pengerjaan tandon air.

Hadir dalam kegiatan itu, Marsma TNI Agus Priyanto dan jajarannya, Komandan Kodim 0809 Kediri Letkol Inf Aris Setiawan, Kepala Dinas PUPR Kota Kediri Endang Kartika Sari, Kepala Bapeda Kota Kediri Chevy Ning Suyudi, Muspika Mojoroto dan sejumlah tamu undangan lainnya.

Pewarta: Asmaul Chusna
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023