Ternate (ANTARA) - Kantor Pencarian dan Pertolongan Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut) melaporkan pada Minggu, Kansar Ternate menerima informasi adanya kapal Modern Putra Samudra tenggelam di sekitar perairan Kabupaten Halmahera Selatan.

"Saat ini petugas diterjunkan ke lokasi tenggelamnya Kapal Modern Putra Samudra berjenis tough boat memuat alat berat rute Pelabuhan Weda, Halmahera Tengah menuju Sorong, Kabupaten Papua Barat Daya dan tiga orang dalam pencarian tim SAR Gabungan," kata Kepala Basarnas Ternate Fathur Rahman dihubungi di Ternate, Minggu.



Menurut dia, Kapal Modern Putra Samudra berjenis tough boat membawa tujuh orang ABK, dimana dilaporkan empat orang ditemukan selamat, yakni Roi (42 tahun), Teklis (54 tahun), Jeremi Pasan (55 tahun),  dan Rikman (58 tahun).

Baca juga: Tim SAR gabungan evakuasi 37 wisatawan kapal kandas di Labuan Bajo

Baca juga: Basarnas Kendari turunkan tim cari kapal tenggelam di Buton


Sedangkan tiga korban masing-masing bernama Dedi, Teos dan Prediksa saat ini telah dilakukan pencaharian di signal distres di koordinat 00°55.5' S / 128°27.7' E atau sekitar Tanjung Liboba Halmahera Selatan.

Selanjutnya, Basarnas Ternate berkoordinasi dengan unsur dan potensi di sekitar lokasi distres dan diperoleh hasil bahwa tidak ada laporan terkait informasi kapal yang mengalami distress.

Fathur Rahman menyatakan pada  6 Agustus 2023, pukul 00.16 WIT, Kansar Ternate berkoordinasi dengan Basarnas Command Center (BCC) untuk melakukan e-broadcast kepada kapal-kapal yang berada atau sedang melintas di sekitar LKP.

Kemudian, pada 6 Agustus 2023, Pkl. 11.45 WIT, terima informasi dari Kapolsek Saketa, Kabupaten Halmahera selatan bahwa warga desa Kukupang menemukan empat orang terapung di atas lovecraft di tanjung Joronga dan dievakuasi ke Desa Kukupang.

Ia menyebut dari hasil penggalian informasi ke korban yang telah ditemukan bahwa kapal yang mereka tumpangi, yaitu KM Modern Putra Samudera bertolak dari Weda Menuju Sorong, Kabupaten Papua Barat Daya tenggelam di Tanjung Liboba, Halmahera Selatan dan  tiga orang rekan korban lainnya sampai saat ini belum diketahui keberadaan.

Baca juga: Kapal wisata tenggelam di kawasan Taman Nasional Komodo

Dia mengatakan setelah menerima laporan tersebut, pukul 12.05 WIT, tim SAR gabungan bergerak menuju LKP dengan menggunakan RB 309 Ternate untuk melakukan operasi pencarian.

Unsur yabg trlibat dalam operasi SAR Ternate Unit Siaga Halsel, TNI AL Bacan, Polairud Bacan, BPBD Halsel, Polsek Saketa, dan masyarakat setempat.

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023