Presiden tadi menyampaikan pandangan tentang situasi di Semenanjung Korea dan selama ini perlunya komunikasi dan dialog pihak terkait agar menemukan jalan damai,"
Jakarta (ANTARA News) - Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono menilai perlunya komunikasi dan dialog antara pihak-pihak terkait untuk penyelesaian kasus Semenanjung Korea.

"Presiden tadi menyampaikan pandangan tentang situasi di Semenanjung Korea dan selama ini perlunya komunikasi dan dialog pihak terkait agar menemukan jalan damai," kata Menteri Luar Negeri Marty Natalegawa di Kantor Presiden, Jakarta, Rabu.

Pandangan tentang situasi di Semenanjung Korea itu disampaikan Presiden saat menerima kunjungan kehormatan Menlu Australia Bob Carr dan Menteri Pertahanan Australia Stephen Smith.

Kedua menteri itu berkunjung ke Jakarta untuk menghadiri pertemuan format 2+2 dengan timpalannya dari Indonesia pada Rabu pagi di Kementerian Luar Negeri.

Menurut Marty, situasi Semenanjung Koresa merupakan salah satu topik yang dibahas cukup intens dalam pertemuan itu.

Pada pekan ini Amerika Serikat menyerukan China dan Rusia untuk berbuat lebih banyak guna mengendalikan Korea Utara setelah Pyongyang mengumumkan akan mengaktifkan kembali reaktor nuklir untuk melaksanakan program senjata atomnya.

Beijing telah menyatakan penyesalan atas pengumuman Korea Utara dan mengimbau agar semenanjung Korea tetap tenang.

Pewarta: G.N.C. Aryani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013