Jakarta (ANTARA) - Pelatih Arsenal Mikel Arteta mengatakan "tidak ada yang lebih baik daripada menang di Stadion Wembley" setelah timnya menjuarai Community Shield 2023 mengalahkan Manchester City 4-1 melalui adu penalti seusai bermain imbang 1-1 pada waktu normal.

Pada laga itu, City hampir keluar sebagai juara ketika gol Cole Palmer pada menit ke-77 seakan menjadi gol tunggal pada laga yang dimainkan di Stadion Wembley, Minggu (6/8).

Namun, euforia pendukung The Citizens pupus ketika Leandro Trossard mencetak gol untuk menyamakan kedudukan pada menit ke-90+11 dan membuat laga dilanjutkan ke babak adu penalti.

Pada babak adu penalti, empat algojo The Gunners yaitu Martin Odegaard, Trossard, Bukayo Saka, dan Fabio Vieira melakukan tugasnya dengan sempurna.

Namun di kubu City, Bernardo Silva menjadi satu-satunya penendang yang menunaikan tugasnya dengan baik, sedangkan dua eksekutor lainnya Kevin De Bruyne dan Rodri gagal.

“Saya sangat senang, bangga, dan lega pada saat yang sama karena tidak ada yang lebih baik daripada menang di Wembley di depan para penggemar Anda dengan melawan tim terbaik di dunia. Memenangkannya dengan cara kami melakukannya, saya sangat senang,” kata Arteta, dilansir dari laman resmi klub, Senin.

“Itu luar biasa, rasanya menyenangkan, dengan hanya melihat kebahagiaan di wajah mereka (penggemar) bagaimana mereka berinteraksi dan terhubung dengan para pemain sungguh luar biasa,” tambahnya.

Baca juga: Menang adu penalti lawan City, Arsenal juara Community Shield 2023/24

Pada laga itu, Arteta memanfaatkan enam pergantian pemain dengan sangat baik dengan dua di antaranya yaitu Trossard (menggantikan Gabriel Martinelli 75’) dan Vieira (menggantikan Kai Havertz 87’) menjadi pemain kunci dalam meraih trofi kedua Community Shield sepanjang kariernya bersama Arsenal.

“Kami membahas bahwa kami memiliki enam pemain pengganti hari ini, dan mereka akan memberikan dampak besar dan mereka melakukannya, Leo mencetak gol (penyama kedudukan) dan Fabio mencetak penalti terakhir,” ucap pelatih 41 tahun itu.

Ungkapan rasa yang sama juga dikatakan Vieira. Pemain asal Portugal itu mengatakan kemenangan ini diraih karena timnya merupakan tim yang menolak menyerah sebelum peluit panjang dibunyikan.

“Rasanya luar biasa. Ini trofi pertama saya untuk klub ini, dan saya sangat senang memenangkan trofi ini,” kata Vieira.

“Kami adalah tim yang akan selalu percaya bahwa mencetak gol hingga (menit) terakhir adalah mungkin, dan kami percaya sepenuhnya bahwa kami akan mencetak gol. Kemudian di adu penalti, kami lebih baik,” imbuhnya.

Lebih lanjut, sebagai pelatih, Arteta tidak ingin timnya larut pada kemenangan Community Shield karena segera bersiap menghadapi partai pembuka Liga Inggris melawan Nottingham Forest di Emirates Stadium pada Sabtu (12/8) pukul 18.30 WIB.

“Mari nikmati hari ini dan besok, mari kembali bekerja karena pada Sabtu, ini akan menjadi pertandingan yang sangat berbeda, tetapi juga sangat sulit,” tutup Arteta.

Baca juga: Arsenal perpanjang kontrak Aaron Ramsdale hingga 2027
Baca juga: Pochettino fokus benahi mental tim jelang hadapi Liverpool


Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Eka Arifa Rusqiyati
Copyright © ANTARA 2023