Kalian yang mesti balik ke rumah!”
Jakarta (ANTARA News) - Entah karena mencemburui serbuan K-Pop, masakan dan produk kecantikan Korea, kelompok kanan Jepang kian sering menggelar demonstrasi anti-Korea, terutama di wilayah yang didiami banyak warga keturunan Korea.

Hari Minggu lalu di Shin-Okubo, tak jauh dari Shinjuku di Tokyo di mana banyak warga keturunan Korea tinggal, ratusan orang anti-Korea menggelar demonstrasi dengan mengacung-acungkan spandak bertuliskan "Balik ke Korea sana!” dan menyebut orang Korea di Jepang sebagai "kecoa".

Untungnya jumlah yang jauh lebih besar warga Jepang yang terkenal liberal mengadakan demonstrasi tandingan melawan kelompok kanan ini.

"Kalian memalukan negeri ini!” “Kalian yang mesti balik ke rumah!” “Balik sana ke Internet tempat asal kalian!” Orang antri di jalan Shin-Okubo untuk melindungi dan memberi dukungan kepada warga keturunan Korea yang tinggal di sini.

Kelompok nasionalis netouyo kian kecewa kepada keputusan pemerintah Jepang.  Mereka memposting pesan-pesan kemarahan di Internet. Kelompok ini selalu menganggap kehadiran warga keturunan Korea di Jepang melukai negeri Matahari terbit ini.

Oleh karena itu, para pembela warga keturunan Korea, membalas mengatai kelompok kanan dengan frasa “balik ke Internet sana”, demikian Japan Today.

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013