Jakarta (ANTARA News) - Pebalap remaja Sean Gelael akan berlatih di Pembrey, Wales, Inggris sebelum berlaga pada putaran kedua Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa di Sirkuit Silverstone, Inggris pada 13-14 April mendatang. 

"Kalau pada putaran pertama di Monza, Italia, ada tes sebelum latihan resmi, maka di Silverstone langsung latihan resmi sebelum melakukan sesi penyisihan (kualifikasi). Jadi Sean akan tes dulu di Pembrey seminggu sebelum lomba," kata Ricardo Gelael, ayah Sean, kepada wartawan di Jakarta, Kamis.

Jumat nanti (12/4) di Silverstone, akan diadakan latihan bebas pertama dan kedua masing-masing 40 menit, dilanjutkan babak kualifikasi selama 20 menit, sedangkan Sabtu dan Minggu ditentukan posisi start untuk race pertama, kedua dan ketiga.

30 pebalap dari 12 tim tampil dalam kejuaraan F3 Eropa 2013, di antara mereka ada yang sudah berkali-kali tampil dalam kejuaraan Formula 3 dengan usia rata-rata 19-21 tahun.

Sean baru pertama kali tampil, tapi pebalap Indonesia  berusia 16 tahun itu mampu menempatkan diri di urutan ke-14 pada Race 1, urutan ke-16 Race 2 dan urutan ke-18 pada Race 3 di Sirkuit Monza, minggu lalu.

Ke-30 pebalap akan berlaga di Sirkuit Silverstone dengan panjang lintasan 5,890 km, yang digunakan untuk perlombaan Formula 1, tapi seperti halnya di Monza, baru dipakai  pertama kalinya untuk F3.

Ricardo mengatakan, Sean mendapat pembelajaran luar biasa pada lomba putaran pertama di Monza dari sepuluh putaran yang akan berlangsung musim 2013, karena aroma perlombaan itu tidak ubahnya laga Formula 1.

"Untuk tim Double R Racing saja ada 12 orang yang bekerja di depan komputer mereka ketika para pebalap lagi adu kecepatan. Mereka dapat mengetahui data seketika tentang hal sekecil apapun yang terjadi pada kendaraan mereka ketika sedang melaju," kata Ricardo.

Pewarta: AR Lubis
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013