Sebagian wilayah Sumatera Utara dalam dua hari ke depan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada sore dan malam hari
Medan (ANTARA) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan masyarakat agar waspada potensi terjadinya hujan pada siang dan malam pada sebagian wilayah Sumatera Utara yang dapat menyebabkan banjir.

Prakirawan BBMKG Wilayah I Medan Aryo Prasetyo Mulyo di Medan, Senin mengatakan sebagian wilayah Sumatera Utara dalam dua hari ke depan berpotensi diguyur hujan dengan intensitas sedang hingga lebat pada sore dan malam hari.

Baca juga: BMKG ingatkan warga lima kecamatan di Manggarai Barat waspada karhutla
  "Hujan dengan intensitas sedang hingga lebat tersebut berpotensi terjadi di sebagian wilayah Pantai Barat, pegunungan, Lereng Timur dan Pantai Timur Sumatera Utara pada sore hingga malam hari yang dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologis seperti banjir, longsor, genangan air," katanya.

Secara umum cuaca pada pagi hari di Sumatera Utara dalam dua hari ke depan cerah berawan.

Baca juga: Dampak El Nino, BMKG: Waspadai karhutla di Sabu Raijua-NTT
  Siang dan sore hari berpotensi terjadinya hujan dengan intensitas ringan hingga lebat di sebagian wilayah Sumatera Utara. Hujan lebat dapat terjadi di wilayah Karo, Dairi, Medan, Humbang Hasundutan, Sibolga, Pematang Siantar, Serdang Bedagai Labuhanbatu dan Tapanuli Utara.

Pada malam hari berpotensi hujan dengan intensitas ringan hingga lebat yang dapat terjadi di wilayah Langkat, Binjai, Karo, Dairi, Pakpak Bharat, Toba, Samosir dan Tapanuli Utara.
  Sedangkan dini hari berawan di sebagian besar wilayah Sumatera Utara. Sementara suhu udara rata-rata 17.0 – 33.0 derajat celcius, kelembapan udara 60 – 9 persen dan angin berhembus dari tenggara - barat daya dengan kecepatan 10 – 30 km/jam.

Baca juga: BMKG sebut wilayah Sulawesi Tenggara umumnya cerah berawan

Pewarta: Juraidi
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023