Medan (ANTARA) - Bank Indonesia (BI) bersama Tentara Nasional Indonesia Angkatan Laut kembali menghadirkan "Ekspedisi Rupiah Berdaulat (ERB) 2023" di wilayah Kepulauan Nias, Sumatera Utara, yang digelar 3 hingga 8 Agustus 2023.

Kepala Perwakilan BI Sumut, Wira Kusuma, menyebutkan bahwa ERB merupakan wujud kontribusi nyata BI dalam menyediakan uang dalam jumlah yang cukup dan layak edar di seluruh wilayah NKRI termasuk di dalamnya wilayah 3T.

Pengedarannya memiliki berbagai tantangan mulai dari kondisi geografis, keberagaman tingkat pendidikan hingga penggunaan mata uang asing di beberapa wilayah, khususnya perbatasan.

"Untuk itu, BI bekerja sama dengan berbagai pihak, khususnya TNI AL sebagai elemen bangsa yang menjadi garda terdepan dalam menjaga kedaulatan NKRI. Pemberangkatan kas keliling menggunakan armada KRI Bontang-907 dari Pelabuhan Baru Teluk Dalam, Kabupaten Nias Selatan," katanya.

ERB 2023 di Kepulauan Nias akan mengunjungi empat pulau terluar, yaitu Pulau Tello, Tanah Masa, Tanah Balla dan Pulau Sumuk di Kabupaten Nias Selatan dengan membawa uang sebanyak Rp3,2 miliar yang didominasi oleh Uang Pecahan Kecil (UPK).

"Kegiatan ini merupakan salah satu implementasi perjanjian kerja sama antara BI dengan TNI AL mengenai pendistribusian, pengamanan, dan pengawalan uang rupiah dari dan ke BI atau perwakilan BI serta wilayah perbatasan terdepan, dan terluar serta terpencil di NKRI," katanya.

Wira juga menyampaikan, selain kegiatan penyediaan uang layak edar, ERB 2023 turut menghadirkan kegiatan lain yang meliputi, layanan kas keliling, Edukasi Cinta Bangga Paham Rupiah (CBPR), dan Program Bantuan Sosial Dedikasi Untuk Negeri yang ditujukan kepada masyarakat di sekitar pulau, siswa sekolah maupun rumah ibadah, serta program bantuan layanan kesehatan oleh TNI AL.

Bahkan mulai tahun 2023, cakupan kerja sama BI dan TNI AL semakin diperluas dengan adanya kolaborasi dengan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) dalam melakukan penyaluran Zakat, Infaq dan Shodaqoh.

"BI akan senantiasa memastikan ketersediaan uang rupiah yang berkualitas dan layak edar guna mendukung kelancaran aktivitas perekonomian, serta memperkuat koordinasi antar kementerian/lembaga untuk memastikan uang rupiah beredar dengan kualitas yang terjaga di seluruh wilayah NKRI," ungkapnya.

Sementara Komandan Guskamla Koarmada I TNI AL, Laksamana Pertama Tony Herdyanto menyampaikan ekspedisi ERB 2023 di wilayah Nias Selatan menempuh rute pelayaran dari Teluk Dalam-Pulau Tello-Pulau Tanamasa-Pulau Tanabala-Pulau Simuk dan berakhir di Kota Sibolga dengan total jarak tempuh 275,03 mil.

"Atas nama TNI AL, saya menyampaikan apresiasi setinggi-tingginya kepada BI karena telah berlanjut dan meningkatnya kegiatan ini dari tahun ke tahun. Kita bersama sama hadir untuk menjaga kedaulatan negara dan mendukung pemerataan pembangunan di seluruh wilayah NKRI," katanya.

Baca juga: BI komitmen sukseskan Gernas BBI dan GBWI di Sulawesi Tengah

Baca juga: BI sebut perekonomian Kalsel triwulan I-2023 tumbuh 5,12 persen

Pewarta: Juraidi dan Tamy
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023