Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Kota Jakarta Timur menuntaskan pembangunan saluran air untuk mengatasi genangan saat musim hujan di Jalan Telaga RW 03 dan RW 09 Kelurahan Pekayon, Kecamatan Pasar Rebo.

"Saat ini tinggal 'finishing' saja. Pengerjaan pembangunan sejak Juni lalu," kata Kepala Seksi Perencanaan dan Pengawasan Suku Dinas (Sudin) Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman Kota Jakarta Timur Utami Widianingsih di Jakarta, Senin.

Pembangunan saluran air sepanjang 500 meter itu merupakan tindak lanjut dari hasil Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) 2022.

Secara fisik, proses pekerjaan telah rampung dan seluruh beton berbentuk u atau "u-ditch" itu sudah terpasang. Namun, di lokasi masih dirapikan, yaitu penguatan pada bagian pinggir beton penutup "u-ditch" agar tidak goyang dan membersihkan puingnya

Utami menyebutkan, pembuatan saluran air dengan beton "u-ditch' berukuran 40x40 sentimeter ini untuk mengatasi genangan di kawasan tersebut.

Penataan lingkungan RW ini dilakukan melalui program "Community Action Plan" (CAP) pada "Collaborative Implementation Programe" (CIP).

Baca juga: Pemprov DKI fokus normalisasi Ciliwung di tiga wilayah pada 2024
Baca juga: Pemkot Jaktim ajak warga jaga kebersihan Sungai Ciliwung


Program CAP ini adalah bentuk sinergisitas antara warga dan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI dalam pembangunan perumahan dan permukiman yang sesuai dengan kebutuhan.

Sedangkan CIP adalah tindak lanjut dari CAP dalam bentuk realisasi kegiatan di lokasi berupa kegiatan sosial, ekonomi dan pembangunan fisik di lingkungan.

Camat Pasar Rebo Mujiono mengapresiasi jajaran Sudin Perumahan Jakarta Timur (Jaktim) yang telah menyelesaikan pekerjaan pembangunan dari usulan Musrenbang tersebut.

Dia berharap pembangunan saluran membantu mengatasi genangan atau banjir yang terjadi di lokasi ketika musim hujan.

"Kita ucapkan terima kasih dan apresiasi pada jajaran Sudin Perumahan yang telah menyelesaikan pembuatan saluran air. Hal ini memang sesuai keinginan warga," tutur Mujiono.
 

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023