ITS menerima mahasiswa dari 33 provinsi
Surabaya (ANTARA) - Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya mengukuhkan sebanyak 6.188 orang mahasiswa baru dari jenjang sarjana (S1) dan sarjana terapan (D4) setelah melalui seluruh tahap seleksi di berbagai jalur di kampus setempat, Senin.

"ITS berhasil meningkatkan lingkungan yang heterogeny, di mana ITS menerima mahasiswa dari 33 provinsi yang ada di Indonesia," ujar Rektor ITS Prof. Mochamad Ashari.

Dalam data yang dipaparkan, selain Jawa Timur, provinsi asal mayoritas mahasiswa baru yang diterima oleh ITS adalah Jawa Barat, DKI Jakarta, Banten, dan berbagai daerah lainnya.

Ashari berharap seluruh mahasiswa baru 2023 dapat bersinergi bersama demi meningkatkan citra positif Kampus Pahlawan ini. Ia juga berharap kepada seluruh sivitas akademika ITS untuk senantiasa membimbing seluruh mahasiswa baru, sehingga menjadi generasi unggul menunjang generasi emas Indonesia 2045.

"Kami ucapkan selamat datang di ITS dan kami tunggu kontribusi besar kalian," ujarnya.

Baca juga: ITS buka pendaftaran prodi Kedokteran jalur mandiri pada 1-8 Agustus
Baca juga: ITS raih Top Ten Persen Liga PTN-BH 2022


Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) RI Nadiem Anwar Makarim, B.A., M.B.A., memberikan sambutan secara virtual.

Dalam sambutannya, Nadiem menekankan bahwa menjadi mahasiswa berarti menjadi orang yang memiliki kreativitas tinggi dan menjadi ujung tombak kemajuan Bangsa Indonesia.

"Melalui program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM), mahasiswa akan memiliki wadah untuk meraih cita-citanya," ujarnya.

Sementara itu, Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) ITS Prof. Mohammad Nuh mengatakan, menjadi mahasiswa ITS merupakan salah satu anugerah yang diberikan oleh Tuhan Yang Maha Esa karena tidak semua calon mahasiswa memiliki kesempatan diterima di kampus setempat.

Ia juga menyampaikan bahwa menjadi mahasiswa ITS tentu memiliki tanggung jawab yang besar, yakni menjadi pembelajar sejati.

"Pembelajar sejati dibutuhkan oleh seluruh mahasiswa karena persoalan ke depan akan semakin rumit," ucapnya.

Baca juga: Gubernur STIN harapkan mahasiswa baru Unsoed mampu hadapi tantangan
Baca juga: Prodi Kedokteran ITS selangkah lagi terima mahasiswa baru
Baca juga: SIMAK UI terima 2.125 calon mahasiswa, 93 dari Program KIP Kuliah

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023