Surabaya (ANTARA) -
Fakultas Kedokteran dan Kesehatan (FKK) Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya membuka pendaftaran seleksi mahasiswa baru Jalur Mandiri Umum Program Studi (Prodi) Kedokteran pada 1–6 Agustus 2023.

Rektor ITS  Mochamad Ashari di Surabaya, Selasa, menjelaskan ITS membuka Prodi Kedokteran dengan beberapa alasan diantaranya turut menyelesaikan tantangan dunia kesehatan dengan mendidik dan menghasilkan tenaga dokter berkualitas di Indonesia.
 
"Jumlah dokter masih terbatas dan sebagian besar berdomisili di kota-kota besar di Indonesia. Jumlah dokter di Indonesia masih belum memenuhi standar WHO, idealnya 1:1000," ujarnya.
 
Selain itu dokter-dokter milenial pada era Revolusi Industri saat ini, lanjutnya, dituntut untuk memiliki kompetensi di bidang teknologi seperti Artificial Intelligence (AI), Teknologi Nano, data analytics, dan teknologi 3D printing pada bidang medis. "Itu yang menjadi keunggulan kedokteran di ITS," ujarnya.
 
Sementara untuk rumah sakit pendidikan, ITS menggandeng RSUD Dr Wahidin Sudirohusodo Kota Mojokerto untuk tempat praktik dokter-dokter baru. "Kasus-kasus ditangani di rumah sakit tersebut cocok untuk dokter baru," ujarnya.

Baca juga: Prodi Kedokteran ITS selangkah lagi terima mahasiswa baru
 
Wakil Dekan FKK ITS Adhi Dharma Wibawa menambahkan pendaftaran Prodi Kedokteran dibuka setelah memenuhi persyaratan Lembaga Akreditasi Mandiri Perguruan Tinggi Kesehatan (LAMPTKes).
 
"Alhamdulillah ITS selain mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan juga mendapatkan rekomendasi dari LAMPTKes," ucapnya.
 
Kepala Subdirektorat Admisi ITS Unggul Wasiwitono menjelaskan rincian jadwal proses seleksi yaitu hasil seleksi akan diumumkan pada 8 Agustus 2023 dan  peserta yang lolos wajib menjalani tes kesehatan pada 9–10 Agustus 2023.
 
Kegagalan dalam tes kesehatan, lanjutnya, dapat menggugurkan status penerimaan. Peserta yang dinyatakan lolos tes kesehatan dapat melakukan pendaftaran ulang pada 10–12 Agustus 2023. ITS telah menyiapkan 50 kursi untuk calon mahasiswa baru.
 
Terkait proses pendaftaran, Unggul mengimbau kepada seluruh peserta untuk segera membuat akun My ITS Admission di laman https://admission.its.ac.id/.

Baca juga: ITS resmikan Laboratorium Anatomi pastikan kesiapan FKK
Baca juga: Kemenkes tinjau kesiapan ITS buka Fakultas Kedokteran

Pewarta: Willi Irawan
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023