Keberadaan pabrik rokok ini membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar dan kehadirannya juga akan ikut berkontribusi dalam mengurangi angka pengangguran di Aceh Besar
Banda Aceh (ANTARA) - Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto menyatakan kehadiran pabrik rokok di kawasan tersebut telah membuka peluang kerja baru bagi masyarakat sekitar di kabupaten itu.

“Keberadaan pabrik rokok ini membuka peluang kerja bagi masyarakat sekitar dan kehadirannya juga akan ikut berkontribusi dalam mengurangi angka pengangguran di Aceh Besar," kata Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanti di Gampong Lambeugak, Kecamatan Kuta Cot Glie, Senin.

Pernyataan itu disampaikannya di sela-sela meninjau rumah produksi dan ladang tembakau rokok milik PT Hawa Makmu Beurata di Gampong Lambeugak, Kecamatan Kuta Cot Glie.

Ia menjelaskan rokok bermerek HABA Original Tobbaco yang diproduksi di kawasan Aceh Besar tersebut telah memiliki cukai dan telah beredar di pasaran.

"Rokok ini menggunakan bahan baku tembakau asli Aceh Besar, jadi, memiliki rasa yang khas, rokok HABA akan menjadi primadona bagi pecinta bakong Aceh (tembakau Aceh)," katanya.

Ia menambahkan, produk turunan tembakau juga dapat dikembangkan untuk kepentingan medis dan lainnya serta berharap ada sinergi yang dapat melakukan kajian serta penelitian mendalam.

"Ini peluang besar kita untuk melakukan pengembangan menjadi nilai tambah serta masyarakat akan menikmati hasil positifnya," kata Iswanto.

Dalam kegiatan tersebut turut hadir di antaranya Kepala Dinas Pertanian dan Perkebunan Aceh Cut Huzaimah, Kepala Dinas Pertanian Aceh Besar Jakfar dan Kepala Diskopukmdag Aceh Besar Trizna Darma.

Baca juga: DJBC ajak pemda di Aceh kembangkan usaha pengolahan tembakau

Baca juga: Anggota DPR ajak BUMN bina UMKM tembakau di Aceh

Baca juga: Teten: Cerutu khas Gayo dapat jadi produk unggulan dari Aceh Tengah


Pewarta: M Ifdhal
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023