Samarinda (ANTARA News) - Panitia ujian nasional Kalimantan Timur akan mendistribusikan soal-soal ujian nasional tingkat SMA pada 9 hingga 15 April 2013, namun itu masih tergantung pada pendistribusian soal dari Kementerian Pendidikan pusat.

"Jadwal yang sudah kami sepakati memang akan didistribusikan di tanggal itu, tapi kami juga menyesuaikan dengan pengiriman dari panitia UN di Kemendikbud karena soal UN dicetak di Bogor sesuai dengan pemenang lelang," ujar Sekretaris Panitia UN Tingkat Kaltim Asli Nuryadin di Samarinda, Kamis.

Asli yang juga Kepala Bidang Pembinaan SMP dan SMA Dinas Pendidikan Kaltim ini melanjutkan, setelah bahan UN untuk Kaltim dari Kemendikbud sudah dikirim melalui Balikpapan, pihaknya segera membaginya untuk tiga wilayah di Kaltim.

Tiga wilayah itu adalah untuk wilayah utara seperti Tarakan, Malinau, Nunukan, Tana Tidung, dan Bulungan, langsung didistribusikan ke Tarakan sebagai pintu utama penyaluran ke sejumlah wilayah itu.

Selanjutnya untuk wilayah selatan Kaltim seperti Balikpapan, Penajam Paser Utara, dan Kabupaten Paser juga pengirimannya melalui Balikpapan sehingga bahan tersebut tidak dibawa ke Samarinda.

Sedangkan untuk wilayah tengah seperti Samarinda, Kutai Kartanegara, Kutai Barat, Kutai Timur, Bontang, dan Berau, bahan UN akan dibawa dulu ke Samarinda dan segera didistribusikan ke daerah masing-masing.

Menurutnya, ada beberapa daerah di wilayah utara Kaltim yang tidak bisa ditempuh dengan jalur darat maupun air, seperti di Kabupaten Nunukan dan Malinau yang terdapat sejumlah kecamatan hanya dapat dilakukan dengan pesawat.

Atas dasar itu, sehingga Dinas Pendidikan terpaksa mencarter pesawat terbang agar mendapat prioritas pengiriman karena jadwal pesawat ke kawasan perbatasan itu tidak pasti dalam sepekan.

Dia juga mengatakan bahwa total jumlah peserta UN di Kaltim sebanyak 171.143 orang, terdiri dari peserta tingkat SD sebanyak 72.393 siswa, peserta tingkat SMP dan yang sederajat 55.152 siswa, peserta UN SMA/MA 23.184 siswa, dan peserta UN SMK sebanyak 20.412 siswa.

Sementara jadwal UN untuk masing-masing jenjang adalah tingkat SMA dan yang sederajat digelar pada 15 hingga 18 April, UN SMP dan yang sederajat digelar pagi hari pada 22 hingga 25 April, dan UN untuk SD digelar pada 6 - 8 Mei.

Pewarta: M Ghofar
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013