Jakarta (ANTARA) - Lembaga Akreditasi Rumah Sakit Damar Husada Paripurna (LARS DHP) menilai fasilitas pelayanan kesehatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu sudah bagus.

"Saat ini RSUD Kepulauan Seribu sudah bersertifikat Perdana, belum bersertifikat akreditasi Paripurna," kata surveyor penilai dari LARS DHP dr M Farid Ghazali dalam proses penilaian akreditasi RSUD Kepulauan Seribu di Pulau Pramuka, Kepulauan Seribu Utara, Provinsi DKI Jakarta, Senin.

Menurut dia, potensi RSUD Kepulauan Seribu ini besar. "Kami sudah mengecek fasilitasnya sudah bagus untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat Kepulauan Seribu," katanya.

Dia menjelaskan, pemberian sertifikat akreditasi rumah sakit bertujuan untuk memberikan jaminan standar keselamatan dan mutu bagi pasien.

RSUD Kepulauan Seribu sudah bisa melakukan operasi sesar untuk kepentingan persalinan pasien.

Baca juga: RSUD Kepulauan Seribu saat ini sudah bisa operasi sesar

Sebelumnya, menurut Direktur Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepulauan Seribu Agus Ariyanto, rumah sakit yang berada di Pulau Pramuka, Kelurahan Pulau Panggang, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, itu memiliki ruang seluas 157 meter persegi (m2) untuk operasi persalinan.

Kamar operasi itu tidak hanya direncanakan untuk operasi sesar oleh dokter spesialis kebidanan dan kandungan (obgyn), tetapi kamar juga dapat melayani operasi bedah lainnya oleh dokter spesialis bedah.

Namun, saat ini RSUD Kepulauan Seribu hanya bisa melaksanakan operasi terencana karena keterbatasan sarana-prasarana dan sumber daya manusia, terutama tenaga ahli bedah.

RSUD Kepulauan Seribu memiliki empat dokter spesialis, terdiri dari dua dokter spesialis anak, satu dokter kandungan (obgyn) dan satu dokter spesialis penyakit dalam (internis).

RSUD Kepulauan Seribu memiliki dua lantai, berisi satu ruangan Unit Gawat Darurat (UGD) dan kamar hiperbarik serta empat kamar rawat inap di lantai pertama.

Baca juga: RSUD Kepulauan Seribu miliki kapasitas 20 tempat tidur

Hiperbarik merupakan salah satu metode pengobatan melalui proses oksigen murni di dalam ruangan khusus bertekanan udara tinggi.

Prinsip pengobatan itu adalah membantu kinerja organ tubuh guna memperbaiki jaringan yang rusak dengan meningkatkan kapasitas aliran oksigen murni ke jaringan tubuh.

Bupati Kepulauan Seribu Junaedi berharap RSUD Kepulauan Seribu bisa memperoleh akreditasi rumah sakit bersertifikat Paripurna agar semakin memenuhi kebutuhan pelayanan masyarakat di Kepulauan Seribu.

"Mudah-mudahan apa yang menjadi harapan RSUD Kepulauan Seribu bisa terlaksana dengan baik dan dapat meningkatkan status akreditasinya," kata Junaedi.
 

Pewarta: Abdu Faisal
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023