Perdagangan langsung ekspor dan impor Sulut dan Filipina Selatan diharapkan membawa hasil positif bagi kedua pihak.
Manado (ANTARA) - Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey saat menerima kunjungan Konsul Jenderal Filipina Lolita B Capco membahas konektivitas laut antara Bitung (Sulut) dan Davao (Filipina).

Pada kesempatan tersebut, Konjen Filipina di Manado Lolita B Capco mengucapkan selamat atas prestasi Gubernur Olly, sehingga dianugerahi Bintang Jasa Utama dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi).

Selanjutnya, Konjen Filipina juga membahas berbagai kegiatan bersama dalam rangka 75 tahun (diamond jubilee) hubungan diplomatik antara Indonesia dan Filipina yang telah terbina dengan baik selama ini.

Pada sisi lain juga dilakukan pembahasan terkait konektivitas laut antara Bitung dan Davao serta perdagangan langsung ekspor/impor Sulut dan Filipina Selatan.

Gubernur Olly didampingi Wagub Steven Kandouw, Sekdaprov Steve Kepel dan Asisten III Frangky Manumpil, menyambut dengan baik berbagai pembahasan yang dilakukan terkait kegiatan 'diamond jubilee' 75 tahun hubungan diplomatik kedua negara.

Provinsi ujung utara Sulawesi tersebut merupakan daerah yang berbatasan langsung dengan Filipina.

Selain itu, menyangkut konektivitas laut Bitung dan Davao serta perdagangan langsung ekspor dan impor Sulut dan Filipina Selatan, diharapkan dapat membawa hasil yang positif bagi kedua pihak.

Apalagi pasca COVID-19, provinsi berpenduduk lebih 2,6 juta jiwa tersebut sedang gencar membuka kembali hubungan dengan berbagai negara asing.

"Terima kasih atas ucapan selamat. Terkait Bintang Jasa Utama, hal ini merupakan penghargaan atas kerja keras pemerintah provinsi dan dukungan rakyat Sulawesi Utara, sehingga Presiden memberikan penghargaan tersebut. Tentunya ini untuk masyarakat Sulut," kata Gubernur Olly menegaskan.
Baca juga: Kebutuhan RSUD di perbatasan RI-Filipina bakal dipenuhi Kemenkes
Baca juga: Pusat informasi turis di Sangihe, perbatasan RI-Filipina operasional

Pewarta: Karel Alexander Polakitan
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023