Jakarta (ANTARA) - PT Angkasa Pura I (Persero) atau AP I melalui enam bandara yang dikelola melayani kepulangan sebanyak 106.779 jamaah haji dari Tanah Suci.

Seluruh proses kepulangan jemaah haji yang tergabung dalam 282 kelompok terbang (kloter) tersebut berlangsung pada periode 4 Juli hingga 4 Agustus 2023.

"Syukur Alhamdulillah, seluruh proses embarkasi dan debarkasi para jamaah haji tahun 2023 di enam bandara kami telah selesai serta berlangsung dengan tertib, aman, dan lancar," ucap Direktur Utama AP I Faik Fahmi lewat keterangan resmi yang diterima di Jakarta, Senin.

Penerbangan Garuda Indonesia GA6404 yang mendarat di Bandara Juanda Surabaya pada Jumat (4/8) pukul 19.45 WIB menjadi penerbangan yang mengangkut kepulangan kloter terakhir jamaah haji di bandara AP I. Penerbangan yang mengangkut 327 jemaah haji yang tergabung dalam kloter 88 tersebut sekaligus menandai berakhirnya penyelenggaraan Angkutan Haji Tahun 2023 di bandara AP I.

Pada Angkutan Haji Tahun 2023, AP I telah mempersiapkan enam bandara yang dikelola sebagai bandara embarkasi dan debarkasi haji, yakni Bandara Syamsudin Noor Banjarbaru, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan, Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok, Bandara Adi Soemarmo Solo, Bandara Juanda Surabaya, dan Bandara Sultan Hasanuddin Makassar.

Berdasarkan data, AP I mencatat Bandara Juanda menjadi bandara yang melayani kepulangan jamaah haji terbanyak, yakni sebanyak 38.163 jemaah yang tergabung dalam 88 kloter.

Bandara Adi Soemarmo melayani jamaah haji kedua terbanyak dengan jumlah 35.083 jemaah yang tergabung dalam 99 kloter, disusul dengan Bandara Sultan Hasanuddin yang melayani kepulangan 16.809 jemaah haji yang tergabung dalam 43 kloter.

Sementara itu, Bandara SAMS Sepinggan melayani kepulangan 6.072 jemaah haji yang tergabung dalam 21 kloter, Bandara Syamsudin Noor melayani kepulangan 5.684 jemaah haji yang tergabung dalam 18 kloter, dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid melayani kepulangan 4.966 jemaah haji yang tergabung dalam 13 kloter.

"Mewakili Manajemen Angkasa Pura I, saya mengucapkan rasa terima kasih dan apresiasi kepada seluruh instansi pemangku kepentingan, di antaranya adalah PPIH Kementerian Agama, Kementerian Perhubungan, maskapai penerbangan, kantor imigrasi, kantor bea cukai, kantor kesehatan pelabuhan serta ground handling atas peran serta dan dukungannya selama pelaksanaan Angkutan Haji 2023 di enam bandara kami," ujar Faik.


Baca juga: Bandara Sentani Akan Menjadi Bandara Internasional

Baca juga: AP I-Pemda DIY bersinergi kembangkan potensi daerah

Pewarta: Benardy Ferdiansyah
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023