Beijing (ANTARA) - Tim insinyur China merancang mobil robot yang dapat membersihkan, memperbaiki, serta menyelesaikan tugas-tugas penggantian Teleskop Radio Sferikal Apertur Lima ratus meter (Five-hundred-meter Aperture Spherical Radio Telescope/FAST), sebuah teleskop radio dengan piringan tunggal terbesar dan paling sensitif di dunia.

Merawat 2.225 target laser pada piringan sferikal raksasa yang luas area penerimaannya setara dengan 30 lapangan sepak bola merupakan tantangan yang cukup berat.

Permukaan reflektif teleskop itu terbuat dari pelat aluminium dengan ketebalan 1 milimeter, sehingga tidak mampu menahan bobot tubuh orang dewasa normal.

Mobil robot yang baru saja dikembangkan tersebut mampu berjalan ke segala arah dan menjalankan tugas penggantian secara otomatis, bahkan pada lereng curam dengan kemiringan hingga 56 derajat, menurut Institut Otomasi di bawah Akademi Ilmu Pengetahuan China (Chinese Academy of Sciences/CAS), perancang robot itu.

Sistem tersebut telah digunakan oleh layanan pemeliharaan FAST, dan telah secara signifikan meningkatkan efisiensi serta mengurangi risiko keselamatan.

Terletak di daerah dengan depresi karst yang dalam dan melingkar secara alami di wilayah Pingtang, Provinsi Guizhou, China barat daya, FAST mulai beroperasi secara resmi pada Januari 2020 dan resmi dibuka untuk dunia pada 31 Maret 2021. 


 

Pewarta: Xinhua
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2023