Kami berharap Galeri Investasi Digital ini dapat memberikan manfaat besar bagi desa adat dan masyarakat Bali.
Denpasar (ANTARA) - Rumah BUMN Denpasar bersama dengan Bursa Efek Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta PT Surya Fajar Sekuritas membantu usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) naik kelas melalui Galeri Investasi Digital, di Denpasar, Bali.

Direktur Rumah BUMN Denpasar I Made Abdi Negara, di Denpasar, Bali, Selasa, mengatakan Galeri Investasi Digital itu diharapkan mampu mendorong para pelaku UKM dalam menjawab tantangan utama pengembangan usaha, yakni dalam hal peningkatan kompetensi, peningkatan akses pemasaran dan kemudahan akses permodalan.

“Sebuah langkah besar sekaligus paradigma baru bagi UMKM binaan Rumah BUMN Denpasar, desa adat, dan seluruh UMKM di Bali. Kami berharap Galeri Investasi Digital ini dapat memberikan manfaat besar bagi desa adat dan masyarakat Bali,” kata I Made Abdi Negara.

Rumah BUMN Denpasar saat ini mendampingi para UMKM dan Kreatif di Denpasar Bali, agar dapat berkembang, naik kelas dan masuk ke bisnis online.

Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan OJK Kantor Regional 8 Bali dan Nusa Tenggara Ananda R Mooy yang hadir dalam acara tersebut mengatakan akan terus mendukung UMKM naik kelas.

Menurut keterangan Ananda, berdasarkan kategori debitur, pada Juni 2023 bahwa sebesar 52,68 persen kredit perbankan di Provinsi Bali disalurkan pada UMKM, yakni Rp53,29 triliun.

“OJK terus mendorong pertumbuhan UMKM di Bali untuk mendapatkan akses pendanaan melalui layanan urun dana maupun go public,” kata Ananda.

Direktur Utama SF Sekuritas Steffen Fang mengharapkan Galeri Investasi Digital itu mampu menjadi pusat edukasi dan penggerak ekonomi ekosistem UMKM yang tergabung dalam Rumah BUMN Denpasar khususnya, serta masyarakat Bali pada umumnya.

“Peresmian ini bukan sekadar seremonial belaka, tapi kami bersama OJK, BEI, serta Rumah BUMN Denpasar benar-benar telah melakukan langkah edukasi, literasi dan inklusi secara nyata sebelumnya lewat program SOLUSI Pasar Modal dan Entrepreneur. Mulai dari pemuda-pemudi dan mahasiswa Bali, para UMKM di bawah Rumah BUMN Denpasar, hingga ke Desa Adat Duda, Karangasem Bali. Tentu saja ini menjadi titik awal dari sebuah masa depan yang lebih cerah. Kami percaya bahwa UMKM-UMKM yang tergabung dalam Rumah BUMN Denpasar dapat berkembang dan naik kelas,” kata Steffen.

Dia mengatakan SF Sekuritas saat ini sedang fokus mengembangkan program edukasi yang bernama SOLUSI Pasar Modal yang bertujuan untuk mempersiapkan generasi muda yang unggul di bidang keuangan dan pasar modal. SOLUSI merupakan akronim dari Sistem-Kolaborasi-Literasi-Edukasi-Inklusi dan Inkubasi.

Steffen menjelaskan yang pertama kali diluncurkan adalah literasi tentang saham. Di dalamnya termuat beberapa modul pendidikan, mulai dari pengenalan saham, analisis fundamental, hingga analisis teknikal.

Di samping literasi tentang saham, pihaknya juga memiliki modul literasi pasar modal lainnya, yaitu reksadana.

Selain itu, ada juga program SOLUSI Entrepreneur. Tujuannya adalah memberikan edukasi dan literasi keuangan serta wawasan berwirausaha kepada para pelaku bisnis UMKM, agar dapat menciptakan para wirausahawan (enterpreneur) yang siap menghadapi tantangan di masa depan, termasuk dalam hal menemukan ide bisnis, menyusun bisnis model, melakukan komunikasi bisnis, menyusun laporan keuangan, sampai mencari pendanaan.

Program SOLUSI Pasar Modal dan Entrepreneur dilakukan secara hybrid, kombinasi antara pelatihan tatap muka langsung atau offline dan penggunaan system LMS (Learning Management System) serta zoom secara online.

Program SOLUSI Pasar Modal juga menghadirkan Kompetisi Analisis Saham dan Kompetisi Trading Saham dengan pemenangnya akan mendapatkan kesempatan magang di PT Surya Fajar Sekuritas, PT Surya Fajar Capital Tbk dan group usaha, atau menjadi seorang Portofolio Consultant yang tergabung dalam komunitas Investor Incubator.

Dengan adanya kesempatan magang yang terbuka, dengan itu SF Sekuritas juga turut ambil bagian dari program pemerintah Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang bertujuan untuk mempersempit kesenjangan kesiapan bekerja antara dunia pendidikan dengan dunia industri. Dengan demikian, itu juga menjadi kesempatan bagi peserta magang untuk mendapatkan peluang karier di pasar modal.

"Melalui program edukasi ini, generasi muda Indonesia diharapkan mampu memahami pasar modal, bisa berinvestasi dengan tepat, terhindar dari jebakan investasi bodong, serta meraih keuntungan finansial demi masa depan yang lebih baik," kata dia.

Lebih lanjut, Steffen menyatakan melalui Program SOLUSI Pasar Modal ini, SF Sekuritas hadir untuk mengedukasi masyarakat, khususnya generasi muda agar lebih memahami investasi di pasar modal.
Baca juga: Menteri BUMN bantu mesin autoklaf untuk UMKM di Denpasar
Baca juga: PLN catat transaksi UMKM di Rumah BUMN Denpasar capai Rp27.7 juta

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Budisantoso Budiman
Copyright © ANTARA 2023