Kapuas Hulu (ANTARA) - Warga Kecamatan Badau daerah perbatasan Indonesia-Malaysia, wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat antusias menyambut dan memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Meskipun kami berada di ujung negeri, namun rasa cinta tanah air warga di perbatasan sangat tinggi, bendera merah putih berkibar di depan rumah masing-masing," kata Camat Badau Edi Suharta, dihubungi ANTARA, di Putussibau Kapuas Hulu, Selasa.

Disampaikan Edi, berbagai perlombaan dan pertandingan olahraga juga siap digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Menurutnya, saat ini juga telah dipersiapkan paskibra untuk pengibaran bendera merah putih pada upacara hari kemerdekaan pada 17 Agustus 2023 mendatang.

"Anak-anak paskibra sudah latihan dan saya melihat generasi muda juga antusias menyambut hari kemerdekaan," katanya.

Dikatakan dia, rasa kebanggaan terhadap NKRI untuk di perbatasan tidak perlu diragukan, tidak hanya saat menyambut HUT Kemerdekaan, akan tetapi di hari-hari biasa atau ada kegiatan lainnya, masyarakat selalu menjaga rasa persatuan dan kesatuan.

Dijelaskan Edi, situasi dan kondisi masyarakat di perbatasan juga selalu menjunjung tinggi rasa kekeluargaan dan kerukunan antar umat beragama.

"Situasi masyarakat aman dan kondusif," ucapnya.

Meskipun demikian, Edi mengimbau dan mengingatkan warga perbatasan untuk selalu setia menjaga kedaulatan NKRI.

"Kedaulatan NKRI harus tetap kita jaga, kita jangan terpengaruh oleh budaya luar yang dapat merusak rasa persatuan dan kesatuan bangsa," pesannya.

Selain itu, dia juga mengingatkan generasi muda juga turut serta meningkatkan rasa nasionalisme di tengah perkembangan teknologi informasi.
Baca juga: Sejumlah permainan rakyat meriahkan HUT RI di Pulau Perbatasan
Baca juga: HUT Kemerdekaan di perbatasan undang pejabat dari Malaysia
Antusias warga mengibarkan merah putih dan latihan paskibra menjelang HUT ke-78 Kemerdekaan RI, di Kecamatan Badau, perbatasan Indonesia-Malaysia, wilayah Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. ANTARA (Teofilusianto Timotius)

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023