Wisuda bukanlah akhir jenjang pendidikan, tapi menjadi langkah awal bagi alumni untuk berkiprah di masyarakat
Jambi (ANTARA) -
Universitas Islam Negeri (UIN) Sultan Thaha Saifuddin (STS) Jambi meluluskan 1.018 mahasiswa dalam wisuda sarjana ke-65, magister ke-35 dan doktor ke-14 pada Selasa.
 
Pada wisuda kali ini, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas hadir langsung dan memberikan arahan kepada wisudawan.
 
"Kalian adalah bagian kecil dari 273 juta penduduk yang diberi nikmat oleh Allah untuk memiliki kecakapan ilmu. Pergunakan berkah ini dengan baik, manfaatkan berkah ini dengan baik," kata Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas di Jambi, Selasa.
 
Ia juga menyampaikan, bahwa lulusan UIN Jambi memiliki keunggulan yaitu memiliki keilmuan agama dan umum. Dengan keunggulan itu, alumni dapat memberikan dampak yang signifikan bagi kehidupan masyarakat.

Baca juga: Gus Yaqut: Alumni UIN jadi garda terdepan lawan ideologi intoleransi
 
Gus Yaqut mengatakan wisuda bukanlah akhir jenjang pendidikan, tapi menjadi langkah awal bagi alumni untuk berkiprah di masyarakat.
 
Sementara itu, Gubernur Jambi Al Haris meminta kepada para alumni UIN STS Jambi dapat menambah skill, pengetahuan dan menjaga etika.
 
Haris menegaskan, bahwa ilmu yang didapat pada pendidikan formal harus diimbangi dengan skill dan etika. Ketiga hal itu yang mendukung para alumni kembali ke masyarakat.
 
Selain itu, para mahasiswa diharapkan dapat mempersiapkan diri dengan meningkatkan kemampuan diberbagai bidang seperti teknologi dan digital.
 
Sementara itu, Rektor UIN STS Jambi Prof Suaidi menjelaskan perguruan tinggi telah memberikan pendampingan kepada para mahasiswa baik seperti pelatihan, peningkatan skill mahasiswa melalui kerja sama dengan berbagai lembaga.

Baca juga: UIN Jambi perluas jaringan kerja sama dengan UNIMAS dan UITM Malaysia
 
Ia berharap, pada alumni dapat memanfaatkan sertifikat pendamping ijazah tersebut untuk kebutuhan mengisi peluang kerja dan melanjutkan pendidikan.
 
Suaidi menjelaskan, dengan konsep paradigma transintegrasi ilmu, UIN Jambi berkomitmen melahirkan para alumni yang memiliki kemampuan ilmu agama dan sains sekaligus.
 
Inilah ke depan yang menjadi peluang bagi alumni UIN STS Jambi sehingga dapat berkontribusi untuk pembangunan negara khususnya daerah Jambi.
 
Pada wisuda kali ini, UIN Jambi meluluskan 1.018 lulusan, terdiri dari 12 orang pascasarjana Doktor, 51 orang pascasarjana Program Magister, 189 orang Fakultas Syariah, 433 orang Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 39 orang Fakultas Ushuluddin dan Studi Agama, 82 orang Fakultas Adab dan Humaniora, 160 orang Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam, 47 orang Fakultas Dakwah dan 5 orang Fakultas Sains dan Teknologi.

Baca juga: UIN Sultan Thaha Saifuddin Jambi dorong inovasi eco enzyme

Pewarta: Tuyani
Editor: Sambas
Copyright © ANTARA 2023