Mataram (ANTARA) - Star and Rabbits akan tampil di acara "Samalas Festival" yang digelar Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN) ANTARA Biro Nusa Tenggara Barat di kaki Gunung Rinjani, Lombok Timur, pada 26-27 Agustus 2023.

Star and Rabbits merupakan band yang beraliran folk serta sedikit sentuhan indie pop yang terdiri atas duo akustik asal Yogyakarta, Ela dan Adi.

"Star and Rabbits akan tampil pada tanggal 26 Agustus di festival musik Samalas, kemudian esok harinya akan ada Rinjani Color Run seperti di tahun kemarin," kata ketua penyelenggara acara Samalas Festival 2023, Rahadiyan Shalat di Mataram, Selasa.

Ia mengatakan, Star and Rabbits bakal tampil bersama musisi-musisi asal Lombok seperti The Dare, Ary Juliyant, Sisasa, Isvara, Sangga Boemi, Chandra Irawan dan lain-lain yang dikemas dalam rangkaian Segara Anak Musik Festival.

Baca juga: ANTARA NTB gelar Samalas Fest 2023 di kaki Gunung Rinjani

Pada Mei 2012, Star and Rabbits merilis video musik Man upon The Hill dari album debut mereka Constellation, yang dirilis pada 2015.

Karakter vokal Elda yang dipadukan dengan petikan gitar dari Adi memberi warna baru dalam industri musik di Indonesia.

Sejak kemunculannya, karya-karya dari Star and Rabbits seperti Man upon The Hill mampu mencuri perhatian pecinta musik tanah air khususnya pecinta musik folk.

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa acara Samalas Festival ini merupakan festival musik pertama yang mengusung tiga tema penting yakni musik, color run, dan culture yang terselenggara di kaki Gunung Rinjani.

Baca juga: Gairahkan wisata Lombok, ANTARA NTB gelar Rinjani Color Run 2023

"Saya membawa tiga tema dalam Samalas Festival ini yankni musik, color run, dan culture dan ini merupakan festival musik pertama yang terselenggara di Kaki Gunung Rinjani dengan harapan bisa membawa dampak baik bagi pariwisata dan UMKM di Lombok khususnya UMKM yang ada di Sembalun," kata Rahadyan.

Selain itu, acara Samalas Festival ini merupakan acara yang mengusung tema zero waste demi menjaga kondisi alam di kawasan wisata Sembalun agar tetap bersih dan asri.

"Kami juga mengusung tema zero waste, jadi tidak akan ada plastik yang kami gunakan khususnya di UMKM yang berpartisipasi dalam acara ini, ini untuk mendidik generasi kita agar sejak sekarang sudah sadar zero waste ini dan bagaimana meminimalisasi pemakaian plastik di kawasan wisata," katanya.

Baca juga: Semburat emas di Mantar

Pewarta: Riza Fahriza*Ahmad Khaerul Arham
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023