Jakarta (ANTARA News) - Anggota Komisi III DPR RI Aboebakar Al Habsy mengimbau Menteri Hukum dan HAM segera mengevaluasi pola penanganan pengungsi dan tata kelolai rumah detensi imigrasi (Rudenim)

"Insiden mengenaskan yang terjadi di Rudenim Medan sehingga menyebabkan delapan orang pengungsi warga negara Myanmar hendaknya menjadi pelajaran berharga," kata Aboebakar Al Habsy melalui surat elektronik (e-mail), Jumat.

Keputusan Menteri Hukum dan HAM Nomor: M.01.PR.07.04 tahun 2004, menurut dia, telah cukup mengatur mengenai tata kelola Rudenim

Politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini menjelaskan, berdasarkan keputusan menteri tersebut seharusnya ketertiban dan keamanan dalam ruman detensi bisa dijaga dengan baik.

Dalam aturan tersebut, menurut dia, petugas diberikan kewenangan untuk melakukan pengisolasian dan pemindahan terdetensi antar Rudenim serta pengeluarannya.

"Saya minta Kemenkumham segera melakukan investigasi kasus Rudenim Medan ini, jangan sampai kejadian ini terulang di daerah yang lain," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013