Sebagai co-campaign Gernas BBI Sulawesi Tengah, tentu kami ingin UMK di sini memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses pasar baik daring maupun luring,
Jakarta (ANTARA) - Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) mendukung perluasan akses pasar bagi usaha mikro dan kecil (UMK) dalam Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) 2023 di Sulawesi Tengah (Sulteng).

KKP bersama Bank BNI turut menghadirkan pelatihan untuk UMK agar naik kelas.
 
"Sebagai co-campaign Gernas BBI Sulawesi Tengah, tentu kami ingin UMK di sini memiliki kesempatan yang sama untuk mengakses pasar baik daring maupun luring," ujar Dirjen Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan (PDSPKP) KKP Budi Sulistiyo, Selasa.

Baca juga: Pertamina memamerkan 100 lebih produk UMKM Gernas BBI-BWI di Sulteng
 
Budi menambahkan bahwa perhelatan seperti ini harus dimanfaatkan oleh para UMK untuk meningkatkan jangkauan pasarnya.

KKP, lanjut dia, juga akan terus secara konsisten melaksanakan dan/atau mendorong para pihak untuk menyelenggarakan perhelatan promosi untuk UMK baik yang berskala lokal, nasional, regional maupun internasional.
 
"Seperti di Gernas BBI ini, sebagai co campaign Manager, kami berkomitmen untuk mendorong dan memfasilitasi kemudahan akses pasar bagi UMK", katanya.

Baca juga: BI komitmen sukseskan Gernas BBI dan GBWI di Sulawesi Tengah
 
Sementara itu, Direktur Pemasaran Ditjen PDSPKP Erwin Dwiyana memaparkan pengolahan skala mikro-kecil mencapai 46.252 unit (KKP 2023) yang mencakup berbagai jenis usaha pengolahan ikan.
 
"Ini perlu kita fasilitasi, salah satunya kami berharap BNI dapat membantu para UMK dalam perluasan akses pasarnya. Kami juga mendorong keterlibatan berbagai penyedia marketplace", ujar Erwin.
 
Gelaran Gernas BBI dan Bangga Berwisata di Indonesia (BBWI) di Palu Sulawesi Tengah telah mendongkrak geliat UMK serta perekonomian daerah. Sebagai co-campaign manager, KKP bersama Kementerian ESDM telah melakukan pendataan, pelatihan, dan pendampingan UMK di Sulawesi Tengah, tuan rumah Gernas BBI 2023.

Pewarta: Sinta Ambarwati
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2023