Jakarta (ANTARA News) - Biografi "Kuantar ke Gerbang" karya Ramadhan K.H yang memuat kisah Inggit Garnasih dengan Presiden Soekarno akan difilmkan.

Manu Sukmajaya yang akan menjadi produser film itu mengatakan, film ini nanti akan persis seperti cerita dalam buku, mengenai pengorbanan Inggit Garnasih selama mendampingi Soekarno dari tahun 1923 hingga 1943.

Ia tertarik mengangkat kisah ini ke layar lebar karena keprihatinannya terhadap sosok Inggit Garnasih. Manu mengaku dari 10 orang Jawa Barat--daerah asal Inggit--yang ditanyanya mengenai sosok Inggit Garnasih, belum tentu ada yang tahu.

Manu mengaku sebenarnya ia telah merencanakan untuk membuat film ini sejak tahun 1981. Ia pun telah menemui Inggit pada tahun itu untuk membuat semacam persetujuan dengannya.

Sayangnya, lanjutnya, situasi politik zaman itu tidak memungkinkannya untuk menggarap film tentangnya.

Soekarno dalam film ini pun nanti akan ditampilkan sebagai seorang manusia, bukan tokoh politik besar.

"Ini bukan menunjukkan Bung Karno, tetapi tentang sosok Kusno yang dikenal sebagai Bung Karno. Bukan tentang politik," kata Manu kepada wartawan saat ditemui di bilangan Kuningan, Jakarta Selatan.

Kusno merupakan panggilan Inggit Garnasih kepada Soekarno.

Manu belum memiliki bayangan siapa yang akan menyutradarai film ini, begitu juga dengan tokoh yang akan berperan sebagai Inggit Garnasih dan Ir Soekarno. Tetapi, ia sudah berencana akan memulai pengambilan gambar pada awal tahun depan sehingga diharapkan film sudah bisa tayang sekitar Desember 2014.

"Kami tidak akan menyimpang (dari buku). Dikurangi mungkin, tapi kalau ditambah nggak boleh," tuturnya.

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013