Denpasar (ANTARA) - Jasa Raharja bekerja sama dengan Korps Lalu Lintas (Korlantas) Polri mengajak ratusan mahasiswa di Bali menjadi pelopor keselamatan berkendara di jalan raya melalui kegiatan Kampus Pelopor Keselamatan yang dipusatkan di Univerditas Pendidikan Nasional (Undiknas) Denpasar.

"Jasa Raharja bersama Korlantas Polri dengan Polda Bali melakukan kampanye keselamatan bersama mahasiswa Undiknas dan Universitas lain di Bali untuk mengedukasi, semangat mahasiswa untuk mengampanyekan keselamatan," kata Direktur Hubungan Kelembagaan PT Jasa Raharja, Munadi Herlambang di Denpasar, Rabu.

Baca juga: Polri-Jasa Raharja kampanyekan keselamatan lantas di Bali

Munadi mengatakan tujuan utama dari kegiatan tersebut adalah mendorong mahasiswa membentuk komunitas road safety ranger di beberapa kampus di Bali, yang fungsinya adalah mengkampanyekan keselamatan lalu lintas di kampus masing-masing agar makin banyak orang menyadari pentingnya menjaga keselamatan saat berkendara di jalan raya.

Munadi berharap dengan berkumpulnya ratusan mahasiswa di Undiknas Denpasar, mereka dapat menularkan informasi yang edukatif kepada mahasiswa lainnya, juga masyarakat umum dengan cara-cara yang kreatif, kekinian dan diterima oleh semua kalangan.

Munadi mengatakan hal lain yang menjadi alasan bagi Jasa Raharja menggencarkan kampanye keselamatan berlalu lintas salah satunya karena tingginya angka kecelakaan yang melibatkan para pelajar dan mahasiswa di seluruh Indonesia.

Meskipun Munadi tidak merincikan secara detail jumlahnya, ia memastikan tingkat kecelakaan di kalangan pelajar tinggi dan meningkat 22 persen setiap tahunnya.

Baca juga: Polri latih 264 personel pengawal VVIP G20 adaptasi kendaraan listrik

Baca juga: Kakorlantas meninjau kesiapan pengamanan lalu lintas KTT G20 di Bali


Hal tersebut terbukti dari tingginya jumlah santunan yang diberikan oleh Jasa Raharja pada setiap tahunnya.

"Angka kecelakaan itu banyak di usia produktif antara SMA sampai mahasiswa, sehingga sasaran paling tepat untuk keselamatan itu mahasiswa agar lebih cepat mengkampanyekan keselamatan. Mereka ini kan aktifnya di kampus, juga sosial kemasyarakatan dengan cara-cara yang humanis, populer, keren, dan sesuai tren kemahasiswaan," kata dia.

Menurut Munadi, kegiatan bertajuk "Kampus Pelopor Keselamatan" tersebut nantinya dilanjutkan di sejumlah universitas di Surabaya, Jawa Timur.

Pewarta: Rolandus Nampu
Editor: Endang Sukarelawati
Copyright © ANTARA 2023