Kehadiran senior-senior dari Universitas Indonesia yang berkunjung ke NTB, Insya Allah akan membantu pembangunan ekosistem digital kita
Mataram (ANTARA) - Gubernur Nusa Tenggara Barat Zulkieflimansyah mendukung penyelenggaraan ekosistem digital desa wisata dan UMKM di wilayah itu.

"Kehadiran senior-senior dari Universitas Indonesia yang berkunjung ke NTB, Insya Allah akan membantu pembangunan ekosistem digital kita," ujar Gubernur NTB saat menerima kunjungan Tim Universitas Indonesia (UI) terkait implementasi lanjutan kerja sama antara UI dan Pemerintah Provinsi NTB dalam keterangan tertulis di Mataram, Rabu.

Gubernur Zulkieflimansyah mengaku mendukung kegiatan Sosialisasi Model Bisnis Pengembangan Ekosistem Digitalisasi Keuangan Desa Wisata dan UMKM daerah bersama mitra UI.

Kasubdit Kerjasama Bisnis UI, Andri Syahreza mengatakan pihaknya telah melakukan survei dan ujicoba di desa wisata Kuta dan Rembitan.

"Hasil simulasi terutama untuk transaksi pembayaran non tunai seperti PayPal dan kartu kredit masih menjadi kendala," ujarnya.

Untuk itu, lanjut dia ekosistem digital ini akan mengajak para pihak seperti bank daerah, Bumdes, UMKM dan pebisnis wisata setempat mulai menggunakan keuangan digital.

Ia menjelaskan digitalisasi ini tidak saja tentang cara pembayaran digital namun lebih jauh untuk peningkatan retribusi dan pajak daerah, trend pasar sampai potensi pendapatan dengan rekam digital transaksi keuangan.

Untuk itu, pihaknya dalam beberapa pekan ke depan akan melakukan sosialisasi dan installment di beberapa desa wisata di NTB.

"Program ini dibiayai dari dana hibah UI sebagai pengabdian dan kontribusi untuk tanah air," katanya

Baca juga: Gubernur NTB tanggapi pengembalian harta karun Lombok oleh Belanda

Baca juga: Gubernur: Limoff langkah nyata NTB jadi pusat fesyen muslimah nasional

Pewarta: Nur Imansyah
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2023