Jakarta (ANTARA) - Membuat padu padan yang serasi untuk bergaya dengan produk fesyen memang menjadi hal yang menantang tidak hanya untuk wanita tetapi juga pria.

Apalagi sejak pandemi berakhir, tak sedikit masyarakat yang kembali tertarik tampil dengan produk fesyen kekinian agar bisa memberikan kesan yang kuat saat hadir dalam sebuah acara.

Ketertarikan masyarakat pada itu juga tercermin pada penjualan para pelaku UMKM fesyen di e-commerce Tokopedia.

“Memasuki pascapandemi (data semester I 2023 dibandingkan semester I 2022), Tokopedia melihat Fashion menjadi salah satu kategori produk yang paling laris. Kategori produk Fashion mencakup beragam turunan, seperti Fashion Wanita, Fashion Anak, Fashion Muslim dan Fashion Pria,” ungkap Head of Category Development Tokopedia Aldhy Darmayo dalam siaran persnya, Rabu.

Baca juga: Kiat Kale Clothing agar fesyen pria tak terlihat monoton

Aldy mengatakan Tokopedia melihat tren ini ingin terus menjadikan layanannya sebagai platform inklusif dan bisa mengakomodasi baik pelanggan pria maupun wanita untuk mendapatkan kebutuhan fesyennya.

Maka dari itu Tokopedia membagikan lima kiat padu padan fesyen dari produk-produk lokal agar para pria bisa tampil keren dan percaya diri.

Gunakan sepatu kulit untuk maksimalkan gaya formal yang modis

“Padu padan pakaian bergaya formal, untuk ke kantor atau acara resmi lainnya, tidak berarti membosankan dan kaku. Masyarakat bisa mengeksplor sederet produk fashion pria yang bisa memberikan kesan modis, contohnya sepatu kulit berdesain menarik dan kekinian,” kata Aldhy.

Salah satu pelaku usaha lokal di Tokopedia yang menyediakan berbagai produk sepatu kulit dengan desain yang fresh namun tetap memberikan kesan formal adalah Prabu.

Dengan bahan kulit sapi asli, anda bisa menggunakan sepatu dari Prabu untuk beragam acara.

Tampil menarik dengan batik yang jadi ciri khas Indonesia

Batik sudah menjadi barang fesyen yang pasti dimiliki hampir seluruh masyarakat di Tanah Air.

Dengan motifnya yang mencerminkan keunikan Indonesia, anda bisa tampil maksimal di beragam kesempatan dengan menggunakan batik.

"Pakailah motif atau kain khas Indonesia, seperti batik dan tenun, sebagai statement piece untuk dikombinasikan dengan pakaian yang lebih kasual. Misalnya kemeja batik dengan celana berbahan katun. Ini juga bisa sekaligus mengapresiasi kekayaan budaya Indonesia,” saran dia.

Baca juga: Kiat cari warna pakaian sesuai warna dasar kulit untuk pria

Kombinasikan tekstur dan jenis bahan untuk tampil kasual

Cara mudah melakukan padu padan bagi pria lainnya ialah dengan mengombinasikan beragam tekstur dan jenis bahan pakaian.

“Misalnya, memakai kemeja flanel dan celana chino lalu dipasangkan dengan produk lain yang memiliki tekstur berbeda seperti jaket bomber atau jaket kulit. Tipe padu padan seperti ini cocok untuk menghadiri acara keluarga atau bertemu dengan kolega,” kata Aldhy.

Tampil kekinian dengan fesyen bergaya retro atau pun streetwear

Sejumlah tren fesyen yang tengah populer saat ini adalah retro dan streetwear.

“Untuk menciptakan kesan ini, masyarakat bisa menggunakan pakaian dengan aksen retro seperti graphic t-shirt dan jaket varsity yang dikombinasikan dengan elemen streetwear seperti sneakers atau celana cargo. Produk fashion pria seperti ini cocok untuk dipakai hangout atau menghadiri konser musik,” jelas Aldhy.

Di Tokopedia masyarakat bisa mendapatkan beragam graphic t-shirt dan jaket varsity, untuk menciptakan tampilan retro sekaligus streetwear, dari pelaku usaha lokal seperti Rawtype Riot dan Roughneck 1991.

Tampil segar dan keren lewat produk sportswear

Salah satu gaya bagi pria yang tidak akan pernah salah ialah dengan menggunakan produk athleisure yang memadukan sportswear dengan dailywear.

Produk ini cocok untuk individu dengan gaya hidup yang aktif namun tetap bisa tampil fashionable. Masyarakat bisa memadukan sepatu olah raga, jersey atau training pants dengan pakaian yang lebih kasual seperti hoodie atau denim.

Untuk mempermudah masyarakat mengakses produk fashion pria, Tokopedia berkolaborasi dengan sederet brand fashion lokal dalam menggelar kampanye Tokopedia Fashion Local yang telah hadir sejak tanggal 7 Agustus dan berakhir di 20 Agustus 2023.

Kampanye ini menawarkan sederet produk fashion termasuk fashion pria, wanita, muslim dan anak dengan lebih efisien dengan beragam promo menarik seperti flash sale hingga cashback.

“Tokopedia Fashion Local merupakan salah satu wujud komitmen kami untuk terus memberikan panggung seluas-luasnya kepada pelaku usaha lokal, khususnya UMKM, dalam memulai dan membangun bisnis hingga makin meraja di negeri sendiri,” tutup Aldhy.

Baca juga: Tren fashion tas pria yang menggebrak batas gender

Pewarta: Livia Kristianti
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023