Jakarta (ANTARA) - Pemenang kontes Battle of Minds (BOM) 2023 dihadiahi uang tunai sebesar Rp40 juta dan diusung menjadi peserta BOM 2023 regional Asia Pasifik mewakili Indonesia.

Ajang inovasi bisnis yang diselenggarakan oleh British American Tobacco (BAT) Indonesia itu mengajak generasi muda menciptakan ide usaha yang mampu mengatasi tantangan dalam bidang lingkungan, sosial dan tata kelola perusahaan, dengan membawa empat tantangan besar dalam kategori bio, teknologi, inklusi dan energi.

“Tujuannya memang untuk mengundang masyarakat muda yang punya bakat kreativitas dan juga ide-ide inovatif yang menarik,” kata Presiden Direktur BAT Indonesia, William Lumentut pada acara pengumuman pemenang kompetisi BOM 2023, di Jakarta, Rabu malam.

“Saya harap pemenang yang akan dikirim ke taraf Asia Pasifik itu kerjanya bisa lebih keras lagi,” tambahnya.

Baca juga: BAT Indonesia raih penghargaan Top Employer 2023

Gelar juara itu disabet oleh tim BIKI dari Bogor dengan kategori bio, menyisihkan 129 peserta lokal, menciptakan ide produk Chitasil Edible Coating, pelapis buah dan sayuran yang dibuat dari bahan yang dapat dimakan, dan tentunya ramah lingkungan.

Pemenang dari kompetisi itu akan memperoleh kesempatan untuk mewujudkan idenya dan mewakili Indonesia pada kompetisi BOM 2023 di tingkat Asia Pasifik, bersaing dengan perwakilan dari Vietnam, Malaysia, Papua Nugini dan Fiji.

Pada tahapan selanjutnya, pemenang dari tingkat Asia Pasifik akan bersaing di tingkat global untuk memperebutkan hadiah pendanaan modal senilai 50.000 Pondsterling atau setara dengan Rp1 miliar.

“Acara ini sudah cukup lama juga ya sudah beberapa tahun, dan Indonesia selalu berpartisipasi, bahkan pernah pemenang globalnya dari Indonesia, jadi kami memiliki ambisi dan keyakinan cukup kuat,” ujar William.

Baca juga: BAT Indonesia kembali jadi tempat kerja terfavorit versi BMI

Adapun selama perjalanan mulai dari babak lokal, Asia Pasifik, dan global, peserta mendapatkan pembinaan atau mentoring intensif dari para ahli di bidang bisnis untuk membantu mereka mengembangkan dan memantapkan ide bisnisnya.

“Mentoring membantu mengasah ide peserta dari segi segmentasi pelanggan, pasar, dan juga proyek finansial beserta analisisnya, kepercayaan diri sampai teknik presentasi mereka,” imbuhnya.

Baca juga: Kompetisi Battle of Minds digelar untuk anak muda

Pewarta: Pamela Sakina
Editor: Siti Zulaikha
Copyright © ANTARA 2023