Kuala Lumpur (ANTARA) - Ratusan pekerja migran Indonesia mendeklarasikan gabungan relawan bakal calon presiden dari PDI Perjuangan Ganjar Pranowo di Malaysia.

Ketua Relawan Sahabat Ganjar Nusantara (Sagantara) Ridwan Ismail di Kuala Lumpur, Rabu, mengatakan deklarasi bersama yang dilakukan gabungan relawan Ganjar itu dilakukan di enam titik yakni Kuala Lumpur, Puchong, Kuala Langat, Ipoh, Sabah dan Johor.

Menurut dia, di masing-masing titik setidaknya ada 100 hingga 150 orang yang mengikuti deklarasi gabungan relawan Ganjar yang terlaksana pada Minggu (6/8).

Ia mengatakan acara tersebut murni dilakukan oleh para pekerja migran Indonesia yang tergabung dari berbagai relawan yang memang ada di Malaysia. Gabungan relawan tersebut tidak hanya yang ada di Semenanjung, tetapi juga yang ada di Sabah dan Sarawak.

“Rencananya di bulan September untuk mendatangkan Pak Ganjar di Malaysia,” ujar dia.

Sementara itu, bakal calon presiden PDI Perjuangan Ganjar Pranowo yang mengikuti kegiatan tersebut secara daring melalui aplikasi zoom mengaku senang bisa melihat wajah-wajah ceria para relawan.

“Sepertinya tabungannya banyak-banyak banget ini. Ada Asih Lestari, Riswan, Wati, Helia, Nur Hasanah, Hendi, Relawan Ganjar Pranowo, Nasikin,” ujar Ganjar, membaca beberapa nama yang mengikuti zoom deklarasi dukungan untuk dirinya tersebut.

Ia menyampaikan terima kasih telah diundang dalam deklarasi tersebut, dan meminta komunikasi yang terjalin bisa tetap berjalan terus. “Mari kita menjalin persahabatan, selalu menjalin komunikasi antara saudara-saudara, anak-anak bangsa”.

Dirinya mengaku senang dan terharu ketika teman-teman di Malaysia, Hong Kong, Taiwan bahkan di Australia, Eropa dan juga Arab Saudi dapat saling berkomunikasi dan mendapatkan informasi yang sangat baik.

“Rasanya teman-teman di sana (Malaysia) paham, sangat melek politik, punya kesadaran demokrasi yang bagus banget. Dan itu tadi, keceriaan selalu muncul,” kata Ganjar.

Menurut dia, itu jadi satu modal untuk dapat bersilaturahmi dengan anak bangsa. “Ini satu modal kita bersilaturahmi dengan anak bangsa sehingga kalau punya cita-cita bersama Insya Allah bisa diwujudkan karena spirit gotong royong itu”.

“Maka saya titip dan pastikan komunikasinya dijaga. Saya senang sekali bisa berkomunikasi dalam waktu pendek, dalam waktu-waktu dekat seperti ini. Pokoknya ‘I love you full’ lah,” ujar Ganjar.

Baca juga: Relawan perluas dukungan untuk Ganjar Pranowo sampai di Malaysia
Baca juga: Ganjar minta pemda rajin berkomunikasi dengan pekerja migran

Pewarta: Virna P Setyorini
Editor: Atman Ahdiat
Copyright © ANTARA 2023