Xi`an, China (ANTARA News) - Duta Besar Indonesia untuk China merangkap Mongolia, Imron Cotan mengatakan kinerja ekonomi Indonesia-China meningkat 300 persen dalam tiga tahun terakhir.

"Jika dicermati selama hampir empat tahun terakhir, volume perdagangan, investasi dan arus kunjungan wisatawan kedua negara mengalami peningkatan hingga 300 persen," katanya, sesaat sebelum membuka Forum Promosi Perdagangan, Pariwisata dan Investasi (TTI) di Xi`an, Provinsi Shaanxi, China, Sabtu.

Imron mengatakan perwakilan Indonesia di China rutin menggelar forum promosi perdagangan, pariwisata, dan investasi sejak 2010.

Forum itu, lanjut dia, adalah salah satu upaya mendukung kerjasama Indonesia dan China dalam bidang ekonomi yang semakin baik, terutama sejak ditandatanganinya Deklarasi Kemitraan Strategis pada April 2005.

"Misalnya pada 2010, investasi China ke Indonesia tercatat 600 juta dolar AS, namun pada 2012 jumlah investasi China ke Indonesia telah mencapai dua miliar dolar AS. Itu baru satu bidang saja dari ekonomi, yaitu investasi," ungkap Imron.

Dia menambahkan, "begitu pun dengan jumlah turis China yang datang ke Indonesia. Pada 2010, jumlahnya hanya 260 ribu, pada 2012 sudah meningkat 850 ribu orang dan pada 2013 kita targetkan sekitar satu juta orang,".

Peningkatan juga terlihat dari volume perdagangan Indonesia - China, pada 2012 angkanya mencapai 66,2 miliar dolar AS, lebih tinggi dibandingkan tahun sebelumnya sekitar 60,59 miliar dolar AS.

"Tahun ini diperkirakan dapat mencapai 70 miliar dolar AS. Dengan perkembangan yang positif itu, maka target sebesar 80 miliar dolar AS pada 2015, mungkin sudah akan terlampaui sebelum tahun yang ditetapkan," katanya.

Wakil Wali Kota Xi`an Duan Xian Nian mengatakan banyak potensi kerjasama dari kerjasama Indonesia dan Pemerintah Kota Xi`an.  "Terlebih Indonesia memiliki banyak keunggulan ekonomi, seperti sumber daya alam dan sumber daya manusia," katanya.

Pewarta: Rini Utami
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2013