Jakarta (ANTARA) - LALIGA EA SPORT 2023/2024 atau kompetisi sepak bola tertinggi di Spanyol siap bergulir dengan lebih menarik dan banyak inovasi, di awali dengan laga pembuka antara Almeria melawan Rayo Vallecano di Power Horse Stadium pukul 00.30 WIB, Sabtu (12/8).

Musim LALIGA EA SPORTS 2023/2024 akan menampilkan talenta terhebat di dunia sepak bola dan sejumlah pemain-pemain hebat baru lainnya yang berbakat. Tiga klub yang menjuarai Liga Spanyol dalam tiga musim terakhir, Atletico de Madrid, Real Madrid, dan FC Barcelona sama-sama telah memperkuat skuatnya untuk menyambut musim baru.

“Season ini sangat seru untuk raising star atau global star yang ada di beberapa klub,” kata Almudena Gomez Benito selaku perwakilan LALIGA Indonesia pada sebuah acara jelang kick-off LALIGA di kawasan Jakarta Selatan, Rabu.

Bintang-bintang papan atas seperti Robert Lewandowski, Pedri, Luka Modric, Toni Kroos, Vinicius Junior, dan Antoine Griezmann masih akan meramaikan LALIGA musim depan. Ditambah, pendatang baru Jude Bellingham (Real Madrid), Arda Guler (Real Madrid), Ilkay Gundogan (Barcelona), Cesar Azpilicueta (Atletico Madrid), Jonathan Bamba (Celta Vigo), dan pelatih Rafael Benitez (Celta Vigo) semakin membuat peta persaingan LALIGA musim depan berjalan ketat.

Baca juga: 10 Fakta menarik LaLiga jelang 2023/2024

Juga, LALIGA masih terus diramaikan talenta-talenta muda yang sedang naik daun di dunia sepak bola, dengan pemain seperti Gavi yang sudah mendapat posisi dalam starting XI Barcelona. Lalu, ada juga pemain internasional Spanyol berusia 21 tahun Nico Williams, Yeremi Pino dari Villareal, dan Tafekusa Kubo dari Real Sociedad. Keempat rising star itu akan memukau para penggemar di seluruh dunia tidak hanya musim ini tetapi untuk tahun-tahun mendatang.

Laga-laga bergengsi masih terus bisa disaksikan di LALIGA musim depan. Derbi Madrid yang ikonik antara Real Madrid dan Atletico Madrid akan menjadi derby klasik pertama LALIGA pada akhir pekan tepatnya pada 24 September, diikuti oleh Derbi Basque Real Sociedad dan Athletic Club Bilbao pada 1 Oktober, dan Derbi Seville yang selalu panas antara Sevilla FC dan Real Betis pada 12 November. Sementara itu, El Clasico, pertandingan yang sangat ditunggu-tunggu antara Barcelona dan Real Madrid akan tersaji akhir pekan tanggal 29 Oktober dengan Blaugrana yang akan bertindak dahulu sebagai tuan rumah.

Secara inovasi, kompetisi teratas di Spanyol itu juga baru-baru ini me-launching OTT baru LALIGA+, sebuah platform inovatif yang menawarkan akses tak tertandingi berupa konten eksklusif, siaran langsung pertandingan, dan wawasan di balik layar untuk menjalin ikatan yang tak terpatahkan antara liga dan para penggemar.

Baca juga: Tur musim panas LALIGA tarik perhatian lebih dari 100 ribu fans

OTT LALIGA+ tidak hanya dinikmati untuk penggemar sepak bola, lebih dari itu ada banyak cabang olahraga yang bisa dinikmati penggemar mulai boxing, handball, atletik, hingga bola voli. Penggemar dapat menikmati LALIGA+ melalui enam paket yaitu Plus Total, Plus Liga, Plus Equipo, Petanque Package, Canal Clubes, dan LALIGA EA.

“Ada banyak konten baru untuk global apalagi di Indonesia, sekarang fans Indonesia bisa menonton LALIGA EA SPORT bisa menonton aplikasi tersebut (LALIGA+) di Android dan iPhone,” kata Almudena.

Dari segi penyiaran, LALIGA terus berinovasi dan para pemirsa baik di Spanyol maupun di seluruh dunia akan menikmati pengalaman menonton yang lebih impresif dan dinamis musim ini. Perombakan total paket grafis sejalan dengan transformasi merek LALIGA akan memberikan pertandingan tampilan baru yang mirip dengan video game EA SPORTS FC, dengan penggunaan augmented reality yang lebih besar, bangku pemain cadangan yang baru, sudut kamera udara, sinematik, serta grafik baru dan lebih baik paket untuk meningkatkan visibilitas tidak hanya di TV tetapi juga layar ponsel dan tablet.

Aplikasi seluler LALIGA juga mengalami perubahan yang dimana akan menampilkan pengalaman pengguna yang lebih dipersonalisasi, format konten baru yang disesuaikan dengan tren konsumen baru, dan game LALIGA FANTASY yang diperbarui, dengan penilaian objektif 100 persen.

Baca juga: LALIGA perluas ekosistem digital dengan EA Sports

Gelaran LALIGA musim depan tidak hanya soal 42 klub di LALIGA EA SPORTS dan LALIGA HYPERMOTION. Namun, juga mencakup turnamen lain seperti LALIGA GENUINE (liga pertama di dunia untuk pemain penyandang disabilitas intelektual) dan LALIGA FC FUTURES (turnamen sepak bola remaja paling bergengsi di dunia).

Sekarang juga bercabang di luar batas lapangan, dengan pengalaman seperti LALIGA TwentyNine's, LEGENDS: The Home of Football, OMG!, dan SEKOLAH BISNIS LALIGA yang menyentuh berbagai bidang seperti keahlian memasak, memorabilia, musik, dan pendidikan yang memungkinkan organisasi-organisasi terkait untuk berinteraksi dengan orang-orang yang jauh melampaui olahraga. LALIGA juga melanjutkan komitmennya untuk memberantas permasalahan seperti rasisme, kekerasan, dan intoleransi dalam sepak bola melalui FUNDACION LALIGA.

“(Inovasi) Itu selalu baik bahwa Liga Spanyol dapat berinovasi dan menjadi lebih baik karena setiap tahun membawa hal yang berbeda dan menurut saya itu mendongkrak liga dan membuatnya tumbuh setiap tahun dan membuat tingkat daya saing menjadi lebih baik dan ini sangat bagus untuk penggemar,” kata legenda sepak bola Spanyol Joan Capdevila yang pada saat acara hadir memberikan video secara virtual.

Lebih lanjut, LALIGA terus membantu pengembangan bibit-bibit sepak bola di Indonesia melalui Jakarta Schools Football League (JSFL) yang dibuat khusus untuk kategori pemain U19, U-18, U16, U14, U12, U10, yang diikuti sekolah international dan swasta yang pada 30 Juli yang lalu baru saja diadakan JSFL by LALIGA Award Gala Day 2023 yang diikuti tim-tim peserta di Dewantara Sports Center, Tangerang Selatan, Banten.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Teguh Handoko
Copyright © ANTARA 2023