Jakarta (ANTARA) - Kompetisi sepak bola teratas Spanyol atau LaLiga musim 2022/2023 resmi usai. Pada musim itu, Barcelona keluar sebagai juara setelah mengumpulkan 88 poin, hasil dari 28 kemenangan, empat imbang, dan enam kekalahan. Gelar ini menjadi gelar Liga Spanyol ke-27 Barcelona sepanjang sejarah.

Rival Barcelona yaitu Real Madrid finish pada posisi kedua dengan 78 poin. Lalu, untuk tempat ketiga ditempati oleh Atletico Madrid yang mengoleksi 77 poin.

Setelah kompetisi berakhir, tim-tim kini sedang memantapkan persiapkan jelang musim 2023/2024 bergulir dengan mendatangkan sejumlah pemain dan pelatih baru.

Berikut fakta menarik LaLiga jelang musim 2023/2024, dilansir dari keterangan tertulis yang didapat pewarta, Senin (12/6):

1. Nacho akan menjadi kapten baru Real Madrid

Menyusul kepergian Karim Benzema dari Real Madrid menuju klub Arab Saudi Al-Ittihad, muncul sebuah tanda tanya siapa yang akan menjadi kapten baru klub berjuluk Los Blancos tersebut.

Nacho Fernandez yang menjabat sebagai wakil kapten pada musim lalu menjadi jawaban bahwa ia akan meneruskan tugas Benzema untuk musim depan.

Nacho adalah produk akademi Madrid yang pertama kali debut bersama tim senior pada musim 2010/2011.

Dilansir dari Transfermarkt, Selasa, selama berseragam El Real, Nacho telah mencatatkan 319 penampilan pada seluruh kompetisi dengan 16 gol.

Real Madrid perkuat amunisi baru

Setelah mengumumkan kepergian empat pemain yaitu Marco Asensio, Karim Benzema, Eden Hazard, dan Mariano Diaz, Real Madrid bergerak cepat.

Seminggu terakhir ini, klub yang bermarkas di Santiago Bernabeu itu mengumumkan dua pemain barunya yaitu Fran Garcia dari Rayo Vallecano dan Brahim Diaz yang sebelumnya dipinjam AC Milan.

Garcia yang merupakan produk akademi Real Madrid tampil mengesankan bersama Rayo Vallecano pada musim 2022/2023.

Pemain asal Spanyol itu tampil penuh sepanjang musim dengan mencetak dua gol dan tiga assists serta mengantarkan klub yang dibelanya finish pada posisi 11 dengan 49 poin.

Lalu, untuk Diaz, pada musim 2022/2023 juga tampil mengesankan bersama Rossoneri. Pemain 23 tahun itu tampil sebanyak 45 pertandingan dengan torehan tujuh gol dan tujuh assists.

Mantan pemain Manchester City itu menjadi bagian penting Milan mencapai babak semifinal Liga Champions 2022/2023.

Sevilla tetap gunakan Mendilibar sebagai pelatih

Jose Luis Mendilibar akan bertahan sebagai pelatih Sevilla pada musim 2023/2024.

Sejak mengambil alih kursi pelatih Sevilla menggantikan Jorge Sampaoli dan melakukan laga debut pada awal April, Mendilibar membawa tim berjuluk Los Nervionenses meraih 21 poin di LaLiga, hasil enam kemenangan, tiga imbang, dan tiga kekalahan dari total 12 pertandingan.

Torehan ini juga membawa Sevilla finish pada posisi 12 dengan 49 poin setelah sebelumnya sempat terseok-seok di papan bawah dan sempat berjarak dua poin dari zona degradasi saat Mendilibar mengambil alih.

Mendilibar juga membawa Sevilla menjadi juara Liga Europa 2022/2023 setelah di laga final mengalahkan AS Roma dalam drama adu penalti dengan skor 4-1.

Atas torehan positif ini, Mendilibar mendapatkan perpanjangan kontrak satu tahun yaitu sampai musim panas 2024.

Real Sociedad datangkan bek kanan

Real Sociedad mendatangkan bek kanan baru yaitu Hamari Traore dari Rennes.

Bek asal Mali itu pada musim 2022/2023 tampil sebanyak 36 kali di seluruh kompetisi dengan mencetak satu gol dan satu assists.

CA Osasuna datangkan Alejandro Catena dari Vallecano

Klub peringkat tujuh LaLiga 2022/2023 CA Osasuna telah mengumumkan transfer pertama mereka musim panas ini yaitu dengan mendatangkan Alejandro Catena dari Rayo Vallecano.

Bergabung dengan Vallecano pada Januari 2019, Catena menjadi bagian penting klub yang bermarkas di Estadio de Vallecas itu dengan mencatatkan 165 penampilan di seluruh kompetisi dengan 10 gol dan lima asssits.

Celta de Vigo berpisah dengan pelatih Carvalhal

Pelatih asal Portugal Carlos Carvalhal mengakhiri kerja samanya dengan klubnya Celta de Vigo.

Ditunjuk menjadi pelatih Celta de Vigo pada November 2022, Carvalhal menyelamatkan membawa klub yang bermarkas di Estadio de Balaidos itu terjerumus ke jurang degradasi setelah meraih kemenangan pada laga akhir melawan Barcelona dengan skor 2-1. Kemenangan ini membuat Celta de Vigo finish pada posisi 13 dengan 43 poin.

Joaquin meninggalkan Real Betis dengan sebuah rekor

Setelah mencatatkan 488 penampilan pada seluruh kompetisi bersama Real Betis atau 407 pada kompetisi LaLiga, Joaquin mencatatkan rekor baru.

Seusai menyatakan gantung sepatu, Real Betis menggelar pertandingan testimonial yang diikuti para legenda sepak bola.

Pada pertandingan ini ada sebanyak 59.621 penonton yang hadir dan jumlah ini merupakan terbesar yang pernah terdaftar di Estadio Benito Villamarin kandang Betis.

Valencia dan Sevilla permanenkan pemain pinjamannya

Valencia CF dan Sevilla FC mengubah kesepakatan pinjaman menjadi transfer permanen kepada pemainnya.

Di Valencia, klub yang bermarkas di Mestalla Stadium itu mempermanenkan pemain pinjamannya dari Olympique Lyon Cenk Ozkacar yang mencatatkan 21 penampilan di seluruh kompetisi dengan torehan satu assists pada musim 2022/2023.

Sementara itu, Sevilla FC juga mengaktifkan opsi serupa untuk menjadikan peminjaman Loic Bade dari Rennes menjadi permanen dan sekaligus memberikan kontrak pemain asal Prancis itu hingga 2027.

Dipinjam Sevilla pada Januari 2023, Bade tampil mengesankan dengan mencatatkan 28 penampilan di seluruh kompetisi dengan torehan dua gol dan satu assists.

Adapun, Bade juga menjadi skuad kunci Sevilla memenangkan trofi Liga Europa 2022/2023 atau tujuh kalinya dalam sejarah klub.

Levante UD dan Deportivo Alaves berebut satu tiket promosi

Semifinal playoff promosi LaLiga SmartBank telah selesai pekan lalu lalu.

Pada semifinal playoff tersebut didapat hasil Levante UD mengalahkan Albacete Balompie dengan agregat 6-1 dan Deportivo Alaves mengalahkan SD Eibar dengan agregat 3-1.

Levante dan Alaves telah bertarung pada leg pertama final playoff dengan bermain imbang 0-0 pada Stadion Mendizorrotza, Senin WIB.

Oleh karena itu, klub yang akan menemani Granada dan Las Palmas promosi ke LaLiga akan didapatkan pada Minggu (18/6) WIB di Estadi Ciutat de Valencia.

Peluncuran LALIGA strategic positioning dan international branding baru

Kompetisi sepak bola tertinggi di Spanyol itu seminggu terakhir meluncurkan strategis baru dan branding internasional dengan slogan “The Power of our Futbol”.

Branding baru ini salah satunya adalah membuat tulisan LaLiga menjadi LALIGA yang semuanya ditulis dengan huruf kapital.

Branding baru selanjutnya adalah untuk logo merek baru yang diwakili oleh inisial “LL”.

Setelah itu, ada juga warna karang korporat baru (Pantone Red 032C), yang melambangkan kebanggaan, semangat, energi, dan kegembiraan sepak bola.

Pewarta: Zaro Ezza Syachniar
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023