Rasanya hebat untuk dapat finish di pole position, khususnya setelah mengetahui bahwa Cal begitu cepat sepanjang satu lap,"
Losail (ANTARA News) - Juara dunia Jorge Lorenzo akan start dari posisi terdepan di balap pembuka musim GP Qatar pada Minggu, setelah pebalap Yamaha itu memuncaki kualifikasi pada Sabtu.

Pebalap Spanyol Lorenzo merengkuh start terdepan ke-52 sepanjang karirnya dan ketujuhnya di Losail, mengungguli pebalap Inggris Raya Cal Crutchlow (Yamaha), sedangkan pebalap Honda Dani Pedrosa, yang merupakan runner up musim pada kejuaraan musim lalu, menghuni posisi start ketiga.

Crutchlow memimpin untuk sebagian besar sesi sebelum Lorenzo mencatatkan waktu tercepat yakni 1 menit 54,714 detik.

"Rasanya hebat untuk dapat finish di pole position, khususnya setelah mengetahui bahwa Cal begitu cepat sepanjang satu lap," kata Lorenzo kepada situs rsmi motogp.com.

"Ketika ia melakukannya pada 54,9 (detik), saya tidak berpikir akan mampu menaklukkannya, namun saya melakukan semua semampu saya dan melakukan lap yang sangat bagus."

"Maka kami berada di posisi start terdepan dan memiliki keuntungan dan kecepatan bagus untuk besok. Saya berharap dapat melakukan start bagus, hanya terfokus pada kecepatan saya sendiri."

Juara Moto2 asal Spanyol Marc Marquez akan mengawali balap dari baris kedua pada Moto GP debutnya setelah mencatatkan waktu tercepat peringkat keenam, sedangkan juara dunia sembilan kali Valentino Rossi, yang kembali ke Yamaha setelah masa-masa kurang menyenangkan di Ducati, menempati baris ketiga.

Format kualifikasi yang baru mengadu 12 pebalap tercepat selama 15 menit untuk menentukan siapa yang memulai balap dengan menghuni posisi terdepan.

Lorenzo, yang bertekad mengulangi kejayaan Losail musim lalu ketika ia menang dari posisi start terdepan, berefleksi, "Ini sangat berbeda dengan tahun lalu dan saya pikir semakin menyenangkan untuk disaksikan para penggemar."

"Dari sudut pandang para pebalap, saya merasa lebih tegang dan dan dengan banyaknya tekanan terhadap saya sebab Anda tahu Anda hanya memiliki empat kesempatan untuk lap terakhir Anda - dan bukan 15 (kesempatan) seperti tahun lalu! Maka sangat penting untuk melaju dengan cepat dan tidak melakukan kesalahan."

Rossi, yang meraih kemenangan di sini saat menunggangi Yamaha pada 2005, 2006, dan 2010 begitu frustrasi karena tidak mampu menempati dua baris teratas pada start debutnya sejak kembali ke tim Jepang ini.

"Sesi kualifikasi tidak fantastis," kata pria Italia ini.

"Penampilan kami pada sesi latihan bebas lebih baik daripada ini, maka kami akan menunggu untuk besok. Sayangnya dalam kualifikasi, pada ban kedua - di mana saya mampu berkembang - saya terjebak dalam kepadatan maka saya tidak mampu mengembangkan waktu lap saya dan kehilangan beberapa posisi."

"Tentu saja, besok menjadi lebih sulit karena harus start dari posisi lebih di belakang, namun kami memiliki kecepatan yang bagus maka kami dapat menjadi kompetitif."

Pol Espargaro akan memulai balap dari posisi terdepan di balap Moto2, sedangkan Luis Salom memimpin KTM untuk posisi terdepan di Moto3.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013