Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah Kota Jakarta Selatan melakukan sosialisasi sejumlah program termasuk kegiatan penyaluran bakat untuk mengatasi kenakalan remaja di wilayah tersebut.

"Kita juga sudah membuat beberapa kegiatan untuk menyalurkan bakat dan kreativitas anak muda di bidang olahraga," ujar Sekretaris Kota Administrasi Jakarta Selatan Ali Murthadho di Jakarta, Kamis.

Hal tersebut disampaikan oleh Ali saat membuka kegiatan Peningkatan Kesadaran Hukum dan Hak Asasi Manusia (HAM) Tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan Tahun 2023 di Ruang Patung Dirgantara Kantor Wali Kota Administrasi Jakarta Selatan, Kamis.

Kegiatan dengan tema "Kenakalan Remaja Bagi Siswa SMA" ini menyasar 60 pelajar SMA dan SMK berikut guru pendamping dari 10 sekolah di wilayah Jakarta Selatan (Jaksel).

Dia menyebutkan, kenakalan remaja di wilayahnya disebabkan karena adanya perilaku yang menyimpang pada diri remaja. Kerap juga disebabkan beberapa faktor seperti krisis identitas, perubahan fisik dan psikologis.
 
“Hari ini kita bentuk melalui 'mindset' (pola pikir). Bagaimana mencari jati diri, mencari identitas, untuk membentuk karakter. Karena proses tidak membohongi hasil," kata dia.

Baca juga: Dispora DKI diminta berinovasi tanggulangi kenakalan remaja
Baca juga: Polisi tangkap lima remaja hendak tawuran di Jakarta Selatan
 
Menurut Ali, ada sejumlah cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi dan mencegah kenakalan remaja. Di antaranya dengan menanamkan nilai dan norma pada remaja melalui peran orang tua dan orang-orang terdekat mereka.
 
Kepala Bagian Hukum Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Selatan Dedi Rohedi menyampaikan maksud dan tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kesadaran hukum dan HAM bagi para guru dan siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) tingkat Kota Administrasi Jakarta Selatan.
 
“Guna terciptanya kedamaian, keamanan, ketertiban dan ketenteraman serta keadilan yang dapat diwujudkan dalam pergaulan antar sesama,” katanya.
 
Dedi juga berharap kegiatan ini dapat menciptakan pelajar yang berkualitas dan memiliki kedisiplinan tinggi.
 

Pewarta: Ilham Kausar
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2023