Palembang (ANTARA News) - Kabupaten Lahat, Sumatera Selatan, akan menjadi tuan rumah Kejuaraan Nasional Tinju Amatir kategori atlet elite, yang digelar pada 20-27 Mei 2013.

"Surat resmi penunjukan Sumsel oleh Pengurus Pusat Persatuan Tinju Amatir Indonesia (Pertina) sudah diterima sejak beberapa bulan lalu, dan saat ini dalam persiapan menuju hari-H kejuaraan yang bakal diikuti atlet-atlet berperingkat nasional," kata Ketua Panitia Pelaksana Dhenie Zainal di Palembang, Minggu.

Ia mengemukakan ajang itu bakal diikuti 33 daerah yang memiliki kepengurusan Pertina tingkat provinsi.

"Pertina merupakan cabang olahraga yang sudah mapan, jadi tersebar di seluruh Indonesia. Meski pertandingan tidak digelar di Jakarta, tapi dipastikan seluruh daerah ambil bagian," katanya.

Ia menambahkan, sebanyak 13 kelas bergengsi akan dipertandingkan pada Kejurnas itu karena PP Pertina menjadikan kejuaraan ini sebagai ajang seleksi atlet untuk masuk Pemusatan Latihan Nasional SEA Games XXVII di Myanmar tahun 2013.

Ke-13 kelas itu, untuk kategori putra terdiri atas, layang ringan 46 kg, layang 48 kg, terbang 52 kg, bantam 56 kg, ringan 60 kg, walter ringan 64 kg, walter 69 kg, menengah 75 kg, berat ringan 81 kg.

Sementara, untuk kategori putri, kelas ringan 46 kg, terbang 52 kg, bantam 57 kg, dan walter ringan 64 kg.

Lebih lanjut ia mengatakan persiapan kejuaraan telah berjalan sesuai rencana, dengan dukungan pemerintah Kabupaten Lahat.

"Pemerintah setempat demikian mendukung kegiatan olahraga tingkat nasional ini karena akan mengangkat nama Kabupaten Lahat yang tengah giat mempromosikan tempat-tempat wisata," ujar Wakil Ketua Umum KONI Sumsel ini.

Sementara itu, Sumsel memiliki sejumlah agenda olahraga tingkat nasional dan internasional sejak menjadi tuan rumah SEA Games XXVI tahun 2011.

Belum lama ini, daerah berpenduduk 8 juta jiwa itu menggelar Kejuaraan Internasional Triathlon dan Duathlon ITU Premium di Palembang, 30-31 Maret 2013

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2013