Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, nanti untuk jangka panjang kita akan melakukan transfer teknologi tepat guna untuk lebih meningkatkan nilai tambah makanan lokal, utamanya umbi-umbian
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah mempersiapkan masyarakat Papua Tengah untuk bisa membangun ketahanan pangan melalui komoditas umbi-umbian dan intervensi teknologi tepat guna.

Hal itu disampaikan Menko bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy usai menghadiri rapat di Istana Kepresidenan Jakarta, Kamis.

"Sesuai arahan Presiden Joko Widodo, nanti untuk jangka panjang kita akan melakukan transfer teknologi tepat guna untuk lebih meningkatkan nilai tambah makanan lokal, utamanya umbi-umbian," kata Menko Muhadjir.

Baca juga: Pemerintah siapkan skema penanganan kelaparan di Papua Tengah

Menko Muhadjir menjelaskan Presiden Jokowi memerintahkan adanya intervensi teknologi tepat guna sebagai solusi jangka panjang agar produksi umbi-umbian di Papua Tengah sebagai makanan pokok masyarakat dapat disimpan atau dijadikan stok.

Ia menjelaskan bahwa kelaparan yang terjadi di Papua Tengah hingga menyebabkan enam warga meninggal dunia disebabkan ketahanan pangan yang terganggu.

Akibat cuaca ekstrem yang berdampak kekeringan dan suhu yang sangat dingin di wilayah tersebut menyebabkan tanaman pangan rusak dan gagal panen.

Menko Muhadjir pun telah meminta Staf Khusus Presiden bidang Ekonomi Arif Budimanta dan Rektor IPB untuk bisa menentukan teknologi tepat guna yang bisa diterapkan untuk ketahanan pangan di Papua Tengah, serta varietas umbi yang dapat ditanam dan tahan musim anomali.

Baca juga: Muhadjir minta IPB cari varietas umbi untuk masyarakat Papua

"Karena musim itu, cuaca itu, (umbi) membusuk kemudian itu yang menjadi masalah. Kalau ada sentuhan teknologi tepat guna, diharapkan bisa stok dan bangun ketahanan pangan dirinya," kata Menko Muhadjir.

Selain transfer teknologi, solusi jangka menengah yang dipersiapkan pemerintah dalam mengatasi kelaparan adalah membangun gudang penyimpangan makanan di Distrik Agandugume.

Pemerintah juga akan memperpanjang landasan pacu Bandara Agandugume agar pesawat besar dapat mendarat dan mempermudah penyaluran bantuan logistik.

Baca juga: Menko PMK tegaskan 6 warga Puncak Papua meninggal akibat kelaparan

 

Pewarta: Mentari Dwi Gayati
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2023