Pastikan bahwa bantuan yang diberikan sampai tepat waktu dan dalam kondisi baik
Jakarta (ANTARA) - Ketua DPR RI Puan Maharani meminta Pemerintah menyalurkan bantuan logistik secara efisien kepada masyarakat terdampak bencana longsor dan gagal panen penyebab kelaparan di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.
 
"Kita harus mengakui dalam mengirimkan bantuan ke daerah Papua pegunungan itu medan-nya sangat sulit, dan saat ini hanya bisa melalui jalur udara. Saya harapkan agar pendistribusian bantuan logistik dilakukan dengan efisien sehingga cepat sampai ke warga yang membutuhkan," kata Puan dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Jumat.
 
Di sisi lain, Puan mengapresiasi langkah Pemerintah yang segera mengirimkan bantuan melalui Kementerian Sosial (Kemensos), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan berbagai instansi lain.
 
Menurut dia, penyaluran bantuan penting dilakukan dengan efektif, terutama menyangkut distribusi makanan, peralatan, dan obat-obatan.
 
"Pastikan bahwa bantuan yang diberikan sampai tepat waktu dan dalam kondisi baik. Evaluasi berkelanjutan akan membantu mengidentifikasi masalah dan hambatan dalam aliran logistik," ucapnya.

Baca juga: Pemerintah siapkan strategi atasi kelaparan di Yahukimo

Baca juga: BNPB siapkan dukungan penanganan bencana di Yakuhimo
 
Puan lantas menyoroti medan sulit wilayah Yahukimo yang kerap mendapatkan serangan dari kelompok krimimal bersenjata (KKB) sehingga ia meminta penyaluran bantuan dikawal ketat oleh personel keamanan dari tim gabungan TNI/Polri.
 
"Pelibatan personel keamanan dapat mengefektifkan pendistribusian bantuan logistik kepada warga. Harapannya, bantuan bisa segera sampai dan masyarakat di sana tidak lagi kekurangan makanan," harapnya.
 
Dia juga menilai Pemerintah penting menciptakan strategi pangan yang efisien, misalnya, dengan memaksimalkan gudang pangan, pengembangan sistem pangan lokal, dan pemberian akses warga atas lahan demi membantu terciptanya ketahanan pangan.
 
"Sehingga masyarakat memiliki stok makanan yang aman sepanjang tahun. Jadi ketika masyarakat mengalami gagal panen karena masalah cuaca atau yang lainnya, mereka tetap memiliki bahan makanan," tuturnya.

Dia pun berharap Pemerintah pusat dan daerah dapat membangun sinergitas yang baik untuk memastikan adanya keberlanjutan dalam sistem pertanian di Papua.

Baca juga: Pemerintah kirim bantuan tangani kelaparan di Yahukimo

Baca juga: Wapres lakukan pengawasan tangani kelaparan di Yahukimo Papua

 
"Sistem pertanian di Papua sangat rentan karena sistem pertanian-nya subsisten, artinya bertani hanya untuk memenuhi kebutuhan mereka sehari-hari, tidak dalam bentuk jangka panjang, atau berkelanjutan," paparnya.
 
Pemerintah, lanjut dia, juga perlu membuka lebih banyak ruang pemanfaatan oleh warga di Papua sehingga masyarakat bisa meningkatkan kemandirian pangan.
 
"Kunci kedaulatan pangan rakyat adalah dengan cara kedaulatan atas lahan-nya sendiri. Pengolahan lahan untuk berbagai produk pertanian bisa memberikan keberlanjutan bagi hidup masyarakat," ucapnya.
 
Termasuk, tambah dia, perbaikan pelayanan kesehatan bagi masyarakat di daerah yang kesulitan sumber pangan, salah satunya dengan peningkatan ketersediaan tenaga medis.
 
"Dan tentunya, peningkatan layanan di Papua juga harus dibarengi dengan terciptanya kondisi yang aman di Papua. Kita tidak ingin ada masyarakat yang menjadi korban jiwa lagi karena kelaparan atau penyerangan oleh KKB," kata Puan.

Pewarta: Melalusa Susthira Khalida
Editor: Chandra Hamdani Noor
Copyright © ANTARA 2023