Saya sudah diskusi dengan Mentan baru, jangan sampai kerja sama dengan Mentan yang lama terputus. Tidak lama (lagi) saya akan berkunjung ke Papua bersama Mentan dan Kemensos.
Jakarta (ANTARA) -
Pemerintah segera mengenalkan varietas umbi unggul yang tahan cuaca ekstrem sebagai langkah permanen mengatasi kelaparan di sejumlah distrik di Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan.
 
"Pengenalan varietas unggul yang tahan cuaca dilakukan di wilayah-wilayah yang selama ini tanamannya tidak produktif akibat perubahan cuaca ekstrem," ujar Menko PMK Muhadjir Effendy di Jakarta, Selasa.
 
Bencana kelaparan terjadi di Distrik Amuma, Kabupaten Yahukimo. Sekitar 15 ribu orang terdampak kelaparan akibat umbi yang menjadi makanan pokok mereka, membusuk akibat cuaca ekstrem.
 
Pemerintah juga sudah mulai mendistribusikan kebutuhan pokok ke sejumlah distrik yang terdampak sebagai penanganan jangka pendek. Selain itu, sejumlah gudang pangan akan dibangun di sekitar wilayah terdampak.

Baca juga: Mayoritas distrik dua provinsi di Papua rawan kelangkaan pangan

Baca juga: Menko PMK ajak masyarakat jaga pembangunan lumbung pangan di Puncak
 
Muhadjir mengatakan penyiapan varietas umbi tersebut merupakan hasil kerja sama antara Kementerian Pertanian dan Institut Pertanian Bogor (IPB).
 
Selain menyiapkan varietas umbi, pemerintah akan segera melakukan transfer teknologi tepat guna sektor pertanian. Lewat upaya penyiapan varietas unggul dan teknologi tepat guna, bencana kelaparan yang selalu berulang tiap tahunnya diharapkan bisa segera diputus.
 
"Saya sudah diskusi dengan Mentan baru, jangan sampai kerja sama dengan Mentan yang lama terputus. Tidak lama (lagi) saya akan berkunjung ke Papua bersama Mentan dan Kemensos," kata dia.
 
Sebelumnya, Muhadjir Effendy menyebut penyaluran bantuan pangan ke Kabupaten Yahukimo, Papua Pegunungan, berjalan dengan baik.
 
"Sejauh ini tidak ada hambatan, sangat baik. Bukan hanya saat ini saja, tetapi waktu terjadi kurang pangan di Agandugume, Lambewi, dan Konawe juga lancar-lancar saja," kata Muhadjir.*

Baca juga: Pemerintah berencana bangun lumbung pangan di Kabupaten Puncak Papua

Baca juga: Baznas pantau perkembangan untuk kirim bantuan kelaparan di Yahukimo

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2023