Sintang (ANTARA) - Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XII/Tanjungpura May Jen TNI Iwan Setiawan mengajak seluruh jajaran TNI dan Polri di Kalimantan Barat(Kalbar) untuk meningkatkan sinergisitas dalam memberantas kegiatan ilegal di daerah tersebut.

"Selama bertugas di lapangan jangan sampai ada benturan, kita harus sama-sama menghadapi dan memberantas narkoba, judi online dan illegal fishing dan illegal logging," kata Mayjen TNI Iwan Setiawan, saat kunjungan di Kabupaten Sintang, Kalbar, Kamis.

Disampaikan Iwan, jajaran TNI dan Polri mesti memberikan rasa aman dan teladan di tengah masyarakat, untuk itu harus tetap menjaga sinergisitas dan kerja sama yang baik dalam bertugas dan berdinas.

Menurutnya, selain menghadapi dan memberantas kegiatan ilegal, situasi keamanan dan ketertiban masyarakat juga mesti terus dijaga terutama menghadapi tahun politik.

"Jangan sampai pemerintah pusat, Kasad dan Kapolri terbebani dengan masalah yang terjadi di wilayah kita dan kita harus mengajak semua golongan untuk menghargai dan menjaga wilayah kita masing-masing sehingga wilayah kita  aman dan kondusif," kata Iwan.

Oleh karena itu, dia berpesan agar koordinasi dan komunikasi untuk meningkatkan sinergisitas dalam melaksanakan tugas perlu terus terjalin dengan baik.

Selain itu, perlu dilakukan edukasi dan imbauan kepada masyarakat untuk bersama-sama ikut serta memberantas sejumlah kegiatan ilegal serta mewujudkan situasi yang kondusif.

Untuk diketahui, Kalbar memiliki daerah yang berbatasan langsung dengan Malaysia, berbagai upaya dilakukan oleh jajaran TNI terutama di wilayah perbatasan bersama pihak kepolisian dan semua pihak terkait dalam melakukan penindakan dan pengawasan sejumlah kegiatan ilegal di daerah perbatasan, terutama terkait penyeludupan narkoba dan tindak kejahatan lainnya.
Baca juga: Pangdam Tanjungpura tegaskan profesionalisme bersama rakyat
Baca juga: Pangdam XII/Tanjungpura minta TNI hadir sebagai solusi bagi rakyat

Pewarta: Teofilusianto Timotius
Editor: Guido Merung
Copyright © ANTARA 2023