Jakarta (ANTARA News) - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono dan Ibu Negara Ani Yudhoyono dijadwalkan menghadiri perayaan Dharma Santi Nasional Hari Raya Nyepi tahun Saka 1935 di Istora Senayan Jakarta, Minggu pukul 19.30 WIB.

Kepala Negara akan didampingi sejumlah menteri kabinet Indonesia Bersatu II dan pejabat lainnya.

Sebelumnya, Ketua Panitia Nasional Peringatan Hari Raya Nyepi tahun saka 1935 Gede Prajana mengatakan kepala negara meminta agar pagelaran dalam rangka peringatan hari raya Nyepi bisa memberikan informasi mengenai kemajuan yang dicapai Indonesia kepada masyarakat.

"Kita memaknai tema peringatan hari raya Nyepi dengan menampilkan siklus tujuh abad kejayaan Nusantara di mana pada abad ke-7 ditandai dengan kejayaan Sriwijaya, abad ke-14 kejayaan Majapahit dan kini abad ke-21 Indonesia ditandai dengan masuk menjadi negara G-20 dengan tingkat pertumbuhan ekonomi yang tinggi," kata Prajana.

Ia menambahkan, "Tidak banyak negara yang dapat mencapai angka tersebut dan agar ini disampaikan ke masyarakat sehingga tidak dijejali berita yang pesimistis dan konflik. Ada banyak sisi positif yang perlu dan layak diberitakan."

Prajana mengatakan, tema perayaan nasional hari raya Nyepi tahun saka 1935 kali ini adalah "Dengan Persaudaraan Membangun Kebersamaan".

"Dengan tema ini kita ingin serukan pentingnya membangun kebersamaan. Kebersamaan merupakan modal dasar berdirinya negeri ini dari kebhinekaan dan keberagaman. Itu yang ingin kita tanamkan, tidak boleh merasa terpisah dan terkotak-kotak," katanya.

Pewarta: Panca Hari Prabowo
Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2013