"Selain bagi-bagi bendera, kami juga melakukan pembentangan kain berwarna merah putih pada jembatan sepanjang 1,5 kilometer tersebut,"
Ambon (ANTARA) - Komando Distrik Militer (Kodim) 1504 Ambon mengajak siswa-siswi di kota itu membagikan bendera merah putih pada pengguna jalan di Jembatan Merah Putih (JMP) Kota Ambon untuk menyambut HUT RI ke-78.

"Selain bagi-bagi bendera, kami juga melakukan pembentangan kain berwarna merah putih pada jembatan sepanjang 1,5 kilometer tersebut," ujar Dandim 1504 Ambon Letkol Arh Tengku Soni Sonatha di Ambon, Kamis.

Dandim mengatakan kegiatan itu diikuti oleh ratusan siswa setingkat SMA di Kota Ambon untuk menyemarakkan bulan kemerdekaan Republik Indonesia.

"Ini bentuk dukungan kami atas program Kodam XVI Pattimura untuk memeriahkan kemerdekaan RI," katanya.

Tak hanya itu Dandim mengatakan pihaknya juga melibatkan personel Babinsa di jajaran untuk terus bersinergi dengan warganya demi kelangsungan dan kelancaran berbagai rangkaian kegiatan yang sedang dilaksanakan oleh komando atas sampai 17 Agustus 2023 nantinya.

"Khusus untuk kegiatan hari ini, terlihat para Babinsa aktif dalam mendukung suksesnya pelaksanaan kegiatan pembentangan kain berwarna merah putih yang terbentang panjang di sepanjang jalan JMP ini," katanya.

 
Pembentangan bendera merah putih di Jembatan Merah Putih (JMP) Kota Ambon (Antara/DedyAzis)


Ia mengatakan hampir seluruh warga kota Ambon yang melintasi jembatan yang jadi ikon kota tersebut mendapatkan bendera merah putih yang dibagikan secara langsung oleh Babinsa, dan peserta kegiatan lainnya.

"Ini dapat dijadikan role model untuk daerah yang lainnya, serta motivasi kepada masyarakat, sehingga mampu membangkitkan semangat nasionalisme warga Kota Ambon," ungkapnya.

Selain itu ia melanjutkan keterlibatan Kodim 1504/Ambon dan peran para Babinsa untuk menertibkan warganya dalam mendukung kelancaran kegiatan ini merupakan bentuk loyalitas tugas kepada komando atas, untuk kepentingan masyarakat, sehingga setiap warga negara dapat merasakan hikmah dari kemerdekaan.

"Kemerdekaan adalah karunia terindah bagi sebuah negara, jaga dan bangun Indonesia lebih baik," kata dia.

Hadir pada kegiatan itu Asintel Kasdam XVI/Pattimura, Ketua MUI Provinsi Maluku, Kakesbangpol Prov Maluku, Kasi Intel Korem 151/Binaiya, Dandeninteldam XVI/Pattimura, Kasatwil Densus 88/AT.

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Agus Setiawan
Copyright © ANTARA 2023