sebagai bentuk sinergitas TNI dengan rakyat
Ambon (ANTARA) - TNI dari Komando distrik militer (Kodim) 1504 Ambon melakukan aksi bersih sungai dan permukiman warga di Desa Batu Merah Kota Ambon untuk mewujudkan lingkungan yang bersih dan sehat bagi warga setempat.

"Sasaran pekerjaan kita hari ini terfokus kepada lokasi jalan dan tempat umum permukiman padat penduduk di Desa Batu Merah juga pembersihan di pelataran sungai yang sudah sangat tercemari oleh banyaknya kotoran dan sampah," ujar koordinator aksi bersih lingkungan, Serma Fijrian di Ambon, Kamis.

Serma Fijrian mengatakan kegiatan ini melibatkan 100 personel diantaranya terdiri dari 50 Personel TNI dan 50 warga sipil termasuk pegawai staf Pemerintah Kelurahan Desa Batu Merah dan staf Pemerintah Kecamatan Sirimau juga pelajar setempat.

Ia mengatakan kegiatan karya bakti bersih sungai dan permukiman warga di wilayah teritorial Kodim 1504/Ambon mempunyai tujuan penting yakni untuk menciptakan lingkungan bersih, sehat, indah dan rapi, serta untuk mencegah potensi kerawanan musibah bencana alam di wilayah Kodim 1504/Ambon.

Baca juga: Gelar Program Kali Bersih Nasional di Ambon, TNI-AD-AL bersinergi
Baca juga: Lantamal IX bersihkan lima ton sampah dari Teluk Ambon


Menurut dia, lokasi pelaksanaan kegiatan aksi bersih sungai dan permukiman ini menjadi lokasi sasaran kerja bakti oleh Kodim 1504/Ambon di wilayahnya.

Apalagi Desa Batu Merah merupakan wilayah rawan banjir, yang hampir setiap tahunnya mengalami musibah banjir apabila musim penghujan.

Volume air hujan dan luapan air Sungai Batu Merah ini kerap menghebohkan warga, oleh sebab itu intensitas dan kepedulian Kodim 1504/Ambon di daerah-daerah yang berpotensi bencana terus ditingkatkan.

"Semoga kegiatan ini membawa manfaat bagi warga setempat, serta dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam memelihara lingkungan, juga sebagai bentuk sinergitas TNI dengan rakyat," katanya.

Sementara itu salah satu warga Batu Merah, Arfiana (28) mengatakan kegiatan yang diselenggarakan oleh TNI tersebut menggugah kesadaran para pemuda setempat untuk ikut mengampanyekan pentingnya menjaga kebersihan sungai.

"Kami para pemuda juga bertekad untuk sama-sama membantu pemerintah menjaga lingkungan demi masa depan alam yang lebih baik," ucapnya.

Baca juga: Antisipasi banjir, TNI bersihkan jaringan irigasi di Sirkuit Mandalika
Baca juga: Ratusan orang gelar aksi bersih-bersih sampah di Pantai Santolo Garut
Baca juga: TNI/Polri gandeng masyarakat bersihkan Sungai Remu Sorong

Pewarta: Ode Dedy Lion Abdul Azis
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2023