Kami pusatkan kegiatan bersih-bersih di Pantai Santolo karena garis pantai di Garut itu panjang, kami prioritaskan di pantai yang banyak pengunjungnya
Garut (ANTARA) - Seratusan orang dari berbagai unsur instansi dan masyarakat sukarelawan menggelar aksi bersih-bersih sampah dengan menyisir kawasan objek wisata Pantai Santolo Kabupaten Garut Jawa Barat sebagai bentuk perhatian terhadap tempat wisata agar lebih nyaman dan indah.

"Kami pusatkan kegiatan bersih-bersih di Pantai Santolo karena garis pantai di Garut itu panjang, kami prioritaskan di pantai yang banyak pengunjungnya," kata Kepala Satuan Polisi Air dan Udara (Satpolairud) Garut AKP Anang Sonjaya saat menggelar kegiatan bersih-bersih sampah di Pantai Santolo Garut, Minggu.

Dia menjelaskan, Kegiatan bersih-bersih pantai ternama di Garut itu digagas oleh Satpolairud Polres Garut dalam rangka memperingati Hari Jadi ke-73 Polairud, yang tidak hanya menggelar aksi bersih sampah tapi dilaksanakan juga kegiatan sosial donor darah.

Anang menyampaikan dalam kegiatan bersih-bersih sampah itu melibatkan 150 orang terdiri atas jajaran Satpolairud Polres Garut, kemudian unsur TNI, pelajar, Balawista (mitra kerja pemerintah dalam penanganan keselamatan di kawasan wisata), instansi terkait, masyarakat sukarelawan, nelayan, dan beberapa pihak lainnya yang peduli terhadap kebersihan sampah di pantai.

"Kegiatan itu tak hanya melibatkan aparat kepolisian, tapi juga para pelajar, masyarakat, Balawista, instansi terkait, dan relawan dari berbagai kecamatan," katanya.

Ia mengatakan, kegiatan sosial bersih-bersih pantai di Garut rutin dilaksanakan oleh semua elemen masyarakat maupun instansi dari kepolisian, TNI, dan pemerintah daerah untuk menjaga kebersihan pantai agar tetap indah dan nyaman.

Namun saat ini bertepatan dengan HUT Satpolairud, kata Anang, pihaknya lebih meningkatkan lagi gerakan bersih-bersihnya dengan melibatkan lebih banyak orang untuk menyisir kawasan wisata Pantai Santolo.

"Dalam rangka HUT Polairud ke-73 tanggal 1 Desember 2023, sesuai arahan Pak Direktur Polairud Polda Jabar untuk melakukan beberapa kegiatan di antaranya bersih-bersih pantai," katanya.

Ia menambahkan, selain bersihkan pantai dari sampah, Satpolairud Polres Garut juga menggelar kegiatan sosial lainnya yakni donor darah bekerja sama dengan PMI sebagai program kemanusiaan untuk membantu ketersediaan darah bagi masyarakat yang membutuhkannya.

"Satuan Polairud Polres Garut tadi melaksanakan dua giat, yaitu bersih-bersih pantai dan donor darah sesuai arahan," katanya.

Kegiatan bersih-bersih pantai tersebut berhasil terkumpul sebanyak 20 karung dengan berbagai jenis sampah yang sebelumnya berceceran di kawasan wisata Pantai Santolo, yang akhirnya pantai menjadi bersih dan nyaman.

"Kondisi pantai sekarang sudah bersih, kami juga rencana ke depan aksi ini bisa berkelanjutan," katanya.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: M. Tohamaksun
Copyright © ANTARA 2023