Jakarta (ANTARA) - Indodax menyatakan sangat menyukai usulan Hasan Fawzi selaku Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kepala Pengawasan Inovasi Sektor Keuangan, Aset Keuangan Digital, Dan Aset Kripto periode 2023-2028 untuk menjadikan kripto inklusif bagi seluruh lapisan masyarakat.

“(Usulan tersebut) melalui kerangka strategi yang diberi nama ‘INOVASI’ karena berfokus pada perlindungan investor, pengaturan yang seimbang, pengembangan literasi, dan optimalisasi inovasi teknologi keuangan,” ujar CEO Indodax Oscar Darmawan dalam keterangan tertulis, Jakarta, Kamis.

Lebih lanjut, Indodax percaya bahwa program INOVASI akan membantu dalam mengembangkan industri aset kripto di Indonesia secara lebih terstruktur dan aman.

Kerangka strategi INOVASI mencakup sejumlah langkah yang dinilai sangat relevan dengan perkembangan industri kripto. Langkah-langkah ini diambil dari setiap kata INOVASI.

Pertama adalah Investor Protection and Consumer Protection, sebuah program perlindungan komprehensif sehingga dapat menjaga keamanan dan kepercayaan investor beserta konsumen. Kedua adalah normalisasi, sebuah program untuk melakukan pengaturan dan pengawasan seimbang serta berimbang oleh OJK dengan pendekatan yang kolaboratif.

Ketiga yaitu optimalisasi dalam rangka meningkatkan program literasi, inklusi, dan pemanfaatan inovasi teknologi keuangan, aset keuangan digital, dan aset kripto agar dapat dioptimalkan secara efektif.

Keempat ialah variasi strategi dan program, upaya memperbanyak strategi/program inovatif beragam dalam sektor teknologi keuangan, aset keuangan digital, dan aset kripto untuk menghadapi perubahan dan memenuhi kebutuhan pasar.

Kelima yakni akselerasi pertumbuhan yang akan berfokus pada pengembangan ekonomi hijau dan ekonomi baru untuk ekonomi yang berkelanjutan dan berwawasan lingkungan. Keenam yaitu sinergi, berkolaborasi bersama membangun industri kripto.

Adapun strategi terakhir adalah integritas pasar melalui pengembangan ekosistem industri dan transformasi kelembagaan yang menyangkut aspek tata kelola, sumber daya manusia, serta teknologi.

“Hal ini bukanlah upaya yang mudah jika dilakukan sendirian, perlu adanya kolaborasi dan kerja sama yang baik antara pemerintah dengan pelaku industri kripto. INDODAX siap untuk turut berperan aktif dan berkolaborasi bersama di strategi INOVASI untuk mendorong pertumbuhan yang sehat dan berkelanjutan bagi industri kripto di Indonesia,” ungkap Oscar.

Hasan Fawzi resmi dilantik pasca Upacara Pengucapan Sumpah Jabatan dan Pelantikan di hadapan Ketua Mahkamah Agung Syarifudin pada Rabu (9/8). Nantinya, Hasan bertanggung jawab mengawasi bursa kripto berjangka yang baru diresmikan pada Juli 2023.

“Terpilihnya Bapak Hasan sebagai Dewan Komisioner OJK untuk Inovasi Teknologi Sektor Keuangan termasuk kripto di dalamnya pada periode 2023-2028, memberikan harapan baru di industri kripto. Kami yakin hadirnya Bapak Hasan akan membawa dampak positif pada ekosistem keuangan digital Indonesia dan mendukung pertumbuhan yang berkelanjutan,” kata dia.

Pewarta: M Baqir Idrus Alatas
Editor: Nurul Aulia Badar
Copyright © ANTARA 2023